DINKES BALANGAN & PERSAGI : SARAPAN SEHAT DI HARI GIZI

Admin Rabu, 20/04/2016 Internal 656 hits

Pagi merupakan permulaan dari segala aktivitas, sehingga sangat perlu ditopang oleh adanya energi yang di dapat dari sarapan pagi anda.

“Kandungan makanan yang anda asup saat pagi hari, akan mengawali hidup sehat anda dan energi untuk menjalani berbagai aktivitas disiang hingga malam hari.”, demikian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Bapak Humam Arifin, SKM,M.Kes., menyampaikan pesannya di hadapan para peserta lomba menu sarapan Sehat, di Aula Bawah Dinas Kesehatan pagi tadi.

Beliau juga menjelaskan bahwa tanpa sarapan pagi, maka ibarat kendaraan yang tidak diisi bahan bakarnya, meskipun itu kendaraan baru, tidak bakalan bisa jalan sampai ketujuan. Mungkin bisa sampai namun harus di dorong karena mesinnya mati duluan.

Sekretaris Dinas Kesehatan, Bapak Erwan MKL, SKM,M.Kes., yang turut mendampingi Kepala Dinas Kesehatan, menjelaskan bahwa lomba ini diadakan sebagai acara puncak memperingati Hari Gizi Nasional  yang ke 56 Tingkat Kabupaten Tahun 2016.

“Hari Gizi Nasional sebenarnya jatuh pada tanggal 25 Januari, namun baru sekarang kami dapat melaksanakan hari puncaknya”, tuturnya.

Pak Erwan, demikian beliau biasa di sapa selanjutnya menjelaskan bahwa Lomba Menu Sarapan Sehat ini seharusnya diikuti oleh 12 kader kesehatan yang didampingi Nutrisionis atau Petugas Gizi Puskesmas, namun 1 Peserta dari puskesmas Halong mengundurkan diri.

Ditambahkan oleh beliau bahwa tema hari gizi kali ini adalah ‘membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi’, dengan sub tema ‘percepatan perbaikan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan.

Dibagian lain, Firmansyah, AMG., wakil ketua Persagi (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) kabupaten Balangan, menyampaikan bahwa pemenang lomba Menu Sarapan Sehat Kabupaten Balangan tahun 2016, pemenang 1 jatuh pada kader kesehatan Awayan, Juara 2 kader kesehatan Batu Mandi, dan juara 3 jatuh pada kader kesehatan Puskesmas Uren.

“Selamat kepada pemenang, harapannya para kader sebagai mitra kesehatan dapat lebih mempopulerkan pentingnya sarapan pagi, dan juga membagikan kemampuan mereka kepada ibu-ibu didesa tentang bagaimana mengolah makanan yang bergizi seimbang, dan menarik untuk keluarganya sehingga membuat anak berprestasi”, tuturnya.

Sebelum mengakhiri wawancara, wakil ketua Persagi Kabupaten Balangan ini  sempat menyampaikan ucapan selamat kepada Hari Gizi Nasional ke 56 terutama kepada seluruh Nutrisionis sekabupaten Balangan, seluruh Tenaga kesehatan, semoga dengan perayaan ini akan memberikan kekompakan dan semakin memacu semangat dalam melaksanakan tugas meningkatkan gizi masyarakat. [Rie].

 

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"