PUSKESMAS PARINGIN SELATAN & PMI BALANGAN, TIM P3K PUNCAK HARI JADI KABUPATEN BALANGAN KE-13.

Admin Juma't, 08/04/2016 Internal 975 hits

Tari Kolosal yang bercerita tentang muda mudi Balangan, mengawali kemeriahan Puncak Hari Jadi Kabupaten Balangan yang ke-13

Sinar matahari terasa mulai menyengat, para undangan pun sudah mulai berkumpul, ada yang berada didalam tenda, sebagian berteduh di bawah kerimbuna pohon sawit yang tumbuh di sekitar arena acara, namun lebih banyak lagi undangan yang masih berada di luar arena acara.

Tari kolosal persembahan para guru seni dan siswa-siswa SMAN 1 Paringin, dan hentakan irama musik pengiring, menjadikan undangan semakin merapat kearah sisi lapangan.

Hanya beberapa orang yang masih tersisa di bagian belakang, tidak bergeming dari tempatnya, namun pandangan mereka semakin awas kearah setiap sisi arena acara, nampak sekali kesiap siagaan mereka.

Sepertinya hanya mereka yang tampak harap-harap cemas, diantara sekian banyak orang yang bersuka cita saat itu.

"Pada saat-saat seperti ini lah sebenarnya kami harus semakin waspada", tutur koordinator P3K, Reza Arianto.

Reza, demikian ia biasa dipanggil, menjelaskan bahwa untuk penanganan P3K kegiatan Hari Jadi ini, terdiri dari Paramedis Puskesmas Paringin Selatan, ditambah dengan unit ambulance Palang Merah Indonesia (PMI).

"kami hanya berharap acara puncak hari jadi ini tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kesuksesan kami sebenarnya bukan dari seberapa banyak yang dapat kami tolong, namun tidak terjadinya permasalahan yang ada ditempat ini, jujur....merupakan kesuksesan tugas kami", tuturnya.

Ia juga menjelaskan, seandainya memang terjadi sesuatu dengan permasalahan kesehatan pada semua yang hadir di acara tersebut, mereka telah menyiapkan petugas sebanyak 6 orang paramedis, ditambah lagi dengan beberapa petugas PMI.

"Tugas kami disini adalah memberikan pertolongan pertama, dan selanjutnya memberikan perawatan yang akan menguntungkan pada korban, sebagai persiapan terhadap penangan lebih lanjut", jelasnya.

seandainya terdapat kasus-kasus kedaruratan medis, mereka telah menyiapkan sistem Ambulance penderita secara cepat ke Puskesmas Paringin Selatan atau ke BLUD RSUD Balangan.

Selamat bekerja kawan, Sebagai tim P3K kalian memang wajib siaga, karena ditangan kalian lah pertolongan pertama yang bertujuan  untuk mempertahankan hidup penderita, mencegah kondisi penderita menjadi lebih buruk, dan meningkatkan pemulihan kesehatan di embankan.[Rie]

 

Ket Photo : Team P3K Puskesmas Paringin Selatan (rie)

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"