PARINGIN SELATAN, PUSKESMAS PEDULI KESEHATAN REMAJA

Admin Rabu, 06/04/2016 Internal 1100 hits

Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) merupakan pelayanan kesehatan yang ditujukan dan dapat dijangkau oleh remaja, menyenangkan, menerima remaja dengan tangan terbuka, menghargai remaja, menjaga kerahasiaan, peka akan kebutuhan terkait dengan kesehatannya, serta efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan tersebut.


Seperti kita ketahui, remaja merupakan penduduk di masyarakat yang berusia 10-19 tahun.                                                       

"kami menyadari jumlah remaja dalam masyarakat itu sangat besar, menurut WHO, jumlah remaja ini diperkirakan sekitar 1/5 dari jumlah penduduk di dunia", kata drg. Siti Marpuah, kepala Puskesmas Paringin selatan.

Ditambahkan lagi olehnya bahwa selain jumlahnya yang besar, Pada masa remaja ini seakan-akan tak menentu atau dilematik.

Pada kenyataannya, para remaja tidak dapat dianggap sebagai anak-anak maupun orang dewasa, karena walaupun secara fisik sudah tampak seperti orang dewasa, tetapi belum secara secara kejiwaan.

"karena itulah, maka puskesmas paringin selatan, selain memberikan pelayanan seperti pada pusat pelayanan kesehatan yang ada, kami merasa perlu memberikan pelayanan yang sedikit berbeda kepada para remaja", tuturnya lagi.

Untuk memahami  tentang pelaksanaan PKPR di Puskesmas Paringin selatan, maka kami pun mulai meninjau secara langsung bagaimana pelaksanaan pelayanan tersebut.

Herma Juniarsih, S.Kep., salah satu mengelola PKPR, menjelaskan bahwa setiap pasien yang datang berobat, diawali dengan mendaftar diloket, seperti halnya petugas loket puskesmas lainnya, mereka akan memilah  ke poli mana para pasien ini akan di konsultasikan.

Apabila usia pasien tersebut antara 10 -19 tahun, maka petugas loket akan langsung membawanya ke poli Remaja.

"karena kekurangan ruang pelayanan, maka poli remaja kami masukkan ke bagian poli MTBS, di poli ini pasien akan kami lakukan wawancara secara garis besar tentang keluhannya dan dilakukan pula pemeriksaan fisik", ujarnya.

Selanjutnya ditambahkan lagi oleh nya, karena pada pendataan ini berisi dengan hal-hal yang bersifat pribadi, maka biasanya kami melakukan pendataan sambil jalan, biasanya pada tempat-tempat yang tidak banyak pengunjungnya.

"Paling sering di pojok laktasi, karena di tempat itu biasanya sepi, ", katanya.

Kok, mereka yang sakit kepala dan sebagainya harus ada ritual pemeriksaan seperti itu?

"inilah bedanya remaja, remaja secara emosi umumnya malu mengemukakan pendapat, tidak mau dicela dan mau benar sendiri, mereka juga sulit berbaur dengan orang asing, oleh karena itulah maka kami melaksanakan hal-hal tersebut, tujuannya agar kerahasiaan mereka terjaga,dan juga untuk membina suasana saling percaya, sehingga para remaja lebih mudah mengungkapkan keluhan-keluhanannya, dengan penggalian-penggalian data tersebut, maka selain tujuan tersebut, kami juga dapat mendeteksi segala kelainan-kelainan kesehatan remaja, bukankah para remaja inilah nantinya yang akan menjadi penerus bangsa ini?", tuturnya.

Pada akhirnya, para remaja ini kadang tidak hanya bercerita tentang permasalahan kesehatan yang membawa mereka datang ke Puskesmas, mereka juga menceritakan tentang hal-hal pribadi mereka, seperti hubungan dengan keluarganya, teman sebaya, atau tentang pacarnya.

"yang namanya remaja, mereka rata-rata mempunyai keingintahuan yang besar, menyukai petualangan dan tantangan serta cenderung berani menanggung risiko atas perbuatannya tanpa didahului oleh pertimbangan yang Matang, sehingga kami merasa perlu membekali para calon penerus bangsa ini dengan keterampilan hidup sehat, maka para remaja akan sanggup menangkal pengaruh yang merugikan bagi kesehatannya"pungkasnya.

Diakhir wawancara, para petugas kesehatan kita ini juga menjelaskan, selain melaksanakan kegiatan dalam gedung, mereka juga melaksanakan pelayanan luar gedung seperti melaksanakan penyuluhan disekolah-sekolah, dan juga melakukan kerjasama dengan pihak sekolah untuk mengenalkan PKPR ini kepada mereka.

Ok deh,kawan-kawan puskesmas paringin selatan, tetap semangat melaksanakannya, semoga apa yang kita laksanakan ini, memberi kebaikan bagi kita semua, amien[rie]

: tanpa label

KOMENTAR

Usila Balangan

Rabu, 23/01/2013

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"