RAPAT KERJA UKS/M KABUPATEN BALANGAN 2016

Admin Selasa, 29/03/2016 Internal 1025 hits

Rapat Kerja UKS Tingkat Kabupaten Balangan merupakan kegiatan strategis dalam pembinaan dan pengembangan UKS di Kabupaten Balangan.


"UKS mulai
dirintis pada tahun 1956, melalui pilot project di Jakarta dan Bekasi yang merupakan  Kerja sama Departemen Kesehatan, Dapertemen pendidikan kebudayaan dan Departemen Dalam Negeri. Kemudian pada tahun 1980 ditingkatkan menjadi keputusan bersama antara Depdikbud dan Depkes tentang kelompok kerja UKS", Demikian Kepala Dinas Kesehatan, Bapak Humam Arifin, SKM,M.Kes, yang ditemui sesaat sebelum  acara rapat kerja UKS yang diselenggarakan pada hari ini tadi, selasa, tanggal 29 maret 2016, di Aula Bawah Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.

Beliau juga menjelaskan, meskipun bukan produk baru, namun sampai saat ini, sebagian masyarakat masih menganggap bahwa UKS merupakan murni kepunyaan Dinas Kesehatan.

"tidak benar itu, mungkin karena ada kata-kata "sehat' nya itu, sehingga ada anggapan demikian. padahal UKS ini adalah kepunyaan bersama antara Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama, dan Kementerian Kesehatan", tutur beliau.

Beliau juga menjelaskan bahwa program pokok UKS dalam Pembinaan dan Pengembangan UKS, atau yang dikenal sebagai Trias UKS itu mencakup pendidikan kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah, itu merupakan mata rantai dakam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekolah.

dengan sasarannya adalah masyarakat sekolah dan lingkungan sekolah, sehingga tidak mungkin bisa kalau hanya kementerian kesehatan yang terlibat disini, harus dikerjakan bersama-sama, terencana, terarah dan terpadu dengan melibatkan berbagai program dan sektor yang terkait tersebut.

"maka diselenggarakanlah Rapat Kerja ini, tujuannya terutama untuk menyamakan persepsi, meningkatkan koordinasi, motivasi, dan sinkronisasi dalam pelaksanaan UKS di kabupaten Balangan, baik pembinaan dan pengembangan UKS di tingkat kabupaten, kecamatan maupun di sekolah", jelas beliau mengakhiri wawancara.

Nampak hadir dalam acara tersebut, Tim Pembina UKS Kabupaten Balangan yang terdiri dari unsur Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, Bagian Kesra Setda Balangan, Badan Lingkungan Hidup dan kebersihan, ditambah lagi dengan unsur-unsur lainnya.

Nampak hadir pula Pengurus dan Anggota Tim Pembina UKS Kecamatan sekabupaten Balangan, terdiri dari unsur Sekretariat Kecamatan, UPT Dinas Pendidikan Kecamatan, puskesmas dan KUA kecamataN [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"