CAPAIAN PIN POLIO 2016 BALANGAN LAMPAUI TARGET

Admin Rabu, 23/03/2016 Internal 1003 hits

Gelaran Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016, yang dilaksanakan tanggal 8 - 15 Maret 2016 kemaren telah selesai dilaksanakan, seperti apa peta kabupaten Balangan?


Yuspiteriyadi, wasor Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan menjelaskan, bahwa capaian hasil Pekan Imunisasi Nasional  Polio Tahun 2016 adalah sebesar 102 %.

"Data sasaran riel yang menjadi acuan pelaksanaan di kabupaten Balangan adalah sebanyak 11.395 balita, sampai akhir kegiatan rekapitulasi  ternyata jumlah balita yang diberikan adalah 11.620 balita", tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Jumlah balita yang diimunisasi lebih dari target sasaran, ini tidak menjadi masalah.  Hal ini dikarenakan oleh adanya kelahiran baru, dan adanya balita yang belum terdata terutama pada daerah-daerah sulit dan terpencil .

"dalam pelaksanaan PIN Kemaren, selain dilaksanakan pada Pos PIN, Fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada, juga dilaksanakan sweeping, dan team mobile yang dipersiapkan untuk melaksanakan kegiatan di deaerah sulit dan terpencil", katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan, Jumlah Vaksin yang dibawa petugas harus dengan  cadangan 10 persen dari jumlah sasaran sehingga kemungkinan vaksin tidak tercukupi bisa teratasi.

selanjutnya,menyinggung tentang keberhasilan capaian ini, ia mengatakan bahwa keberhasilan capaian ini tidak terlepas dari peran serta aktif masyarakat dan semangat petugas kesehatan dilapangan, dan juga team mobile yang bergerak, menyisir daerah sulit, terpencil dan pedalaman.

"Insha Allah dengan hasil yang telah kami capai ini, kabupaten Balangan akan selalu menjadi  yang aman dari penyakit Polio", tuturnya mengakhiri wawancara.


 

Sumber Photo : Rahmat Yusliansyah (Team Mobile PIN Polio 2016 Puskesmas Uren Kab. Balangan)

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"