ANTARA ZENITH, JIN, & OBAT DAFTAR “G”

Admin Juma't, 11/03/2016 Internal 13261 hits

Mengutip dari beberapa berita di website yang isi beritanya : "Heboh penggerebekan Apotik di Kabupaten Sebelah, karena diduga pemasok peredaran obat-obatan daftar G Jenis Zenith" apa sebenarnya obat daftar G dan obat zenith itu?

Rusmilawati, S.Si.Apt., Kepala Seksi Farmasi, Sarana, dan Prasarana Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan menjelaskan, obat daftar G (Gevaarlijk) itu adalah obat berbahaya, yaitu obat yang memperolehnya harus dengan resep dokter, ditandai dengan lingkaran merah bergaris tepi hitam dengan tulisan “K” didalamnya.

“obat-obatan yang masuk dalam golongan ini contohnya antibiotik,obat-obatan yang mengandung hormonal,dan banyak lagi, intinya lihat kemasan obat, apabila ada lambang lingkaran merah dengan tulisan “K”, masuk dalam kategori ini”, tuturnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa dikatakan obat keras karena kalau digunakan secara sembarangan bisa membahayakan, meracuni tubuh bahkan bisa menyebabkan kematian.

“sedang zenith yang dimaksud disini sebenarnya adalah obat dengan merk dagang Carnophen,yang digunakan sebagai relaksan otot untuk menangani nyeri otot yang akut.

namun pada penggunaan yang salah, kandungan obat carnophen yaitu Carisoprodol dapat menimbulkan fly, karena kerja obat ini menekan sistem syaraf pusat”, tuturnya.

Selanjutnya ditambahkan lagi olehnya bahwa sebenarnya obat zenith yang dimaksud oleh masyarakat itu adalah carnophen, sebuah merk dagang obat yang pada tahun 2009 telah ditarik dari peredaran oleh BPOM dan dinyatakan tidak boleh beredar lagi.

“bisa jadi yang beredar ini adalah bukan produk pabrikan, karena kalau zenith itu bukan merk obat, tapi zenith itu nama perusahaan obat. dahulu bahkan di Banjarmasin ada penggerebekan pabrik zenith rumahan”, tuturnya mengakhiri wawancara. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"