YANG HARUS DIKETAHUI TENTANG PIN POLIO 2016

Admin Juma't, 04/03/2016 Internal 3835 hits

Berdasarkan Analisa para ahli didapat data yang menunjukkan cakupan imunisasi Polio dosis ke empat nasional telah melebihi 90% namun tidak merata diseluruh provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dengan demikian para ahli merekomendasikan agar dilaksanakan PIN Polio dengan sasaran balita (anak usia 0-59 bulan) untuk memberikan perlindungan optimal bagi seluruh anak terhadap virus polio.


Kabid Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Bpk. H.Syahruni, menjelaskan bahwa Pekan Imunisasi Nasional Polio atau PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya.

"untuk PIN Polio 2016 disini, Balita adalah mereka yang berusia 0-59 bulan,sedangkan pengertian tanpa memandang status imunisasi polio, artinya status imunisasi polio sebelumnya akan dikesampingkan, tidak ada yang tidak diberikan imunisasi, asal usianya seperti dimaksud, maka akan diberikan imunisasi, termasuk mereka yang berasal dari luar wilayah", tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan dari imunisasi Polio ini adalah Mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi, dan memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.

"Untuk pelaksanaan, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan serentak diseluruh indonesia tanggal 8 sampai dengan 15 Maret 2015, Pemberian imunisasi polio ini gratis, tidak dipungut biaya. Untuk mendapatkannya harap datang pada tanggal tersebut di Posyandu,Polindes, Poskesdes, Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Rumah Sakit serta Pos PIN", kata beliau menjelaskan.

Dengan kenyataan tersebut, sungguh rugi seandainya kita yang mempunyai balita tidak mendapatkan imunisasi, karena kalau sudah terkena penyakit ini, biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan dan perawatan akan semakin meningkat.

Sekali lagi, Mencegah lebih baik dari mengobati, sedia payung sebelum hujan sangat tepat untuk menggambarkan Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016 .[rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"