DATA KESEHATAN BALANGAN MENDAPAT APRESIASI KEMENKES

Admin Selasa, 01/03/2016 Internal 1652 hits

Untuk dapat menggambarkan sebuah kejadian secara tepat, baik kejadian sekarang, atau kejadian yang akan terjadi, itu tidak terlepas dari yang namanya data.


Dan pada hari ini tadi, Selasa, 1 maret 2016,  Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan di nyatakan secara resmi oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai Kabupaten penyumbang data kesehatan terbaik 5 seindonesia.

Informasi tersebut disampaikan pada acara Rapat Koordinasi Teknis Sistem Informasi Kesehatan Nasional (Rakontek SIK Nasional) yang diselenggarakan sejak Minggu 28 Februari sampai dengan besok Rabu, tanggal 2 Maret 2016, bertempat di Swiss-Belhotel Airport, Jl. Husien Sastra Negara Kav.1, Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang.

Dalam acara tersebut, Balangan mengirimkan 2 orang staf Dinas Kesehatan yang menangani Sistem informasi kesehatan atau Data Kesehatan, Yaitu Risnadi Sajali dan Herry.

"Balangan Menempati urutan ke 5 untuk kategori Kabupaten secara nasional, dan menempati urutan pertama untuk regional tengah, selanjutnya urutan dua dan tiga jatuh kepada Kabupaten Jembrana Provinsi Bali, dan Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan", kata salah satu panitia Rakor tersebut.

pada paparan di sesi presentasi, Risnadi Sajali, menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pengelola sik Puskesmas Se kabupaten Balangan, para pengelola program yang meskipun tidak hadir ditempat itu, namun kalau tidak karena mereka jua, tentu tidak mungkin kita mendapatkan pengakuan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, selain ia berbagi informasi tentang bagaimana proses awal sampai akhir penyajian pengelolaan data kesehatan, ia juga memperkenalkan tentang produk dari seksi Sistem Informasi Kesehatan Kabupaten Balangan, yaitu Profil Kesehatan, Komunikasi Data, Data Prioritas kesehatan, Sistem informasi Kesehatan, Buletin Kesehatan "Sanggam Sehat", Website Resmi Dinas Kesehatan, juga Majalah Dinding "Maritam".

Bicara tentang Data bagi sebagian orang bisa jadi akan terasa sangat kaku, dan sangat matematis,namun kalau kita bicara tanpa data, itu sama saja dengan omong kosong, Katanya.

"Zaman sekarang tidak ada yang bisa lepas dari yang namanya data, dan dinas kesehatan sebagai unsur pelaksana otonomi daerah dalam bidang kesehatan mempunyai kewajiban menyampaikan data-data tersebut tidak hanya cepat, namun harus benar", katanya sambil mengakhiri wawancara.

 

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"