SUNATAN DAN PENGOBATAN GRATIS YANG DIBANTU CSR ADARO DAN SIS

Admin Senin, 23/06/2014 Internal 4220 hits

Sunatan dan Pengobatan Massal Juai 2014

 

Balangan, Juni 2014. Kegiatan sunatan dan pengobatan massal  di Juai dilaksanakan di Desa Sirap, Kecamatan Juai. Acara pembukaan kegiatan dilaksanakan jam 08.00 WITA. Kegiatan dihadiri oleh Pihak PT. SIS, CSR PT. Adaro, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan (diwakilkan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan) serta Tim Panitia Kegiatan Dinas Kesehatan, Camat Juai, Kepala Puskesmas Juai serta para staf Puskesmas, para Kepala Desa serta masyarakat  Juai.


Pembukaan sunatan massal Juai

 

Kegiatan pengobatan massal di Juai yaitu jJumlah pasien yang berobat yaitu 106 orang, rata rata berumur di atas 45 tahun (penduduk usia lanjut). Peserta pengobatan mayoritas berjenis kelamin perempuan, dengan perbandingan jumlah pasien laki-laki 48 orang dan pasien perempuan 58 orang. Mayoritas masyarakat Juai berobat karena sakit Hipertensi sebanyak 15 kasus, Cepalgia sejumlah 11 orang, penyakit infeksi saluran pernapasan akut /ISPA (9 kasus), Rematoid Artritis (9 orang), suspect. Dispepsia sebanyak 8 orang serta kasus terendah adalah infeksi jamur serta kasus lainnya.

 

Hasil diagnosa tersebut dapat disebabkan oleh gaya hidup (life style) masyarakat Juai, faktor lingkungan serta adanya perubahan cuaca di daerah tersebut. Hal ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut oleh peneliti atau pihak terkait. Tim medis yang terlibat antara lain ; dokter umum di Puskesmas Pirsus dan Juai serta para perawat/bidan di Puskesmas Juai.


Pengobatan gratis juai


Kegiatan di wilayah Halong dilaksanakan di halaman Puskesmas Halong. Hasil pengobatan massal antara lain : Jumlah pasien yang berobat di Halong yaitu 102 orang, dengan alamat di seluruh desa Kecamatan Halong, rata rata pasien juga berumur di atas 45 tahun (penduduk usia lanjut). Peserta pengobatan mayoritas berjenis kelamin perempuan, dengan perbandingan jumlah pasien laki-laki 49 orang dan pasien perempuan 53 orang. Tim medis yang terlibat adalah tim medis/paramedis Puskesmas Uren dan Halong. Mayoritas masyarakat Halong tersebut berobat dengan diagnosa kasus Gastritis sejumlah 19 orang, infeksi saluran pernapasan akut/ISPA adalah 18 pasien, Hipertensi sebanyak 11 orang, Rematoid Artritis (10 kasus), Cepalgia (9 kasus) serta kasus terendah adalah Pnemonia, Stomatitis serta kasus lainnya. Hasil diagnosa tersebut dapat disebabkan oleh pola makan masyarakat, faktor lingkungan serta adanya perubahan cuaca di daerah tersebut. Hal tersebut perlu diteliti atau dikaji lebih lanjut.


Sunat di Juai


Kegiatan Sunatan Massal Gratis di wilayah Juai : Jumlah peserta khitanan massal yaitu 75 orang, umur rata-rata peserta sunatan adalah 6 tahun dengan alamat di seluruh desa, Kecamatan Juai. Tim medis yang terlibat kegiatan tersebut adalah 16 pasang  tim medis (32 orang), karena kegiatan tersebut melibatkan tim medis 9 Puskesmas (Juai, Pirsus, Paringin, Paringin Selatan, Tebing Tinggi, Awayan, Lokbatu,  Batu Mandi dan Lampihong). Kegiatan Sunatan Massal Gratis di wilayah Halong : Jumlah peserta khitanan massal yaitu 76 anak, umur rata-rata peserta sunatan adalah 6 tahun dengan asal alamat di seluruh desa, Kecamatan Juai. Tim medis yang terlibat kegiatan tersebut adalah 9 pasang tim medis (18 orang), karena kegiatan tersebut melibatkan tim medis 2 Puskesmas (Uren dan Halong).


SUnatan di Halong

 

Dari hasil kegiatan di atas, diharapkan acara tersebut dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun dalam rangka peran aktif perusahaan sebagai satu komponen untuk masyarakat dengan  tujuan sosial kemanusiaan dan tercapainya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, khususnya penduduk kabupaten Balangan.(Yandasru/Dinkes)

: tanpa label

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"