PELATIHAN MANAJEMEN ASFIKSIA DAN BBLR

Admin Rabu, 01/05/2013 Internal 4580 hits

Simulasi Penanganan Asfiksia Pada Pelatihan Manajemen Asfiksia Dan BBLR Yang Bertempat Di Aula Dinas Kesehatan Kabupeten Balangan

 

Menurunkan angka kematian anak merupakan goal dari MDGs 4, dimana indikator Angka kematian Bayi (AKB) dalam kurun waktu sampai 2015 adalah 23/1000 kelahiran hidup.

AKB  di Kabupaten Balangan tahun 2012 sebanyak 24 kasus atau 10,2/1000 kelahiran hidup. Hal ini menunjukkan AKB di Kabupaten Balangan sudah di bawah target nasional. Walaupun AKB sudah dibawah target nasional akan tetapi secara absolute masih banyak kasus kematian bayi yang antara lain karena asfiksia (keadaan bayi baru lahir yang tidak segera bernafas secara spontan dan teratur setelah dilahirkan .red) dan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR), dimana  pada tahun 2011 terdapat 13 kasus kematian bayi karena asfiksia dan dari  106 kasus BBLR  terdapat 20 kasus BBLR yang mati. Sedangkan pada tahun tahun 2012 terdapat 8 kasus kematian bayi karena asfiksia, dari 79 kasus BBLR terdapat 9 kasus  BBLR yang mati (Profil Kesehatan Balangan.2012).

Upaya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Bidang Kesehatan Keluarga Seksi Kesehatan Ibu dan Anak untuk memacu para pelaku kegiatan karena masih adanya kasus kematian bayi yang disebabkan oleh asfiksia dan BBLR selain pelayanan antenatal dan asuhan persalinan normal (APN) yang berkualitas oleh tenaga kesehatan khususnya bidan juga harus memiliki kemampuan dan keterampilan dalam  penanganan asfiksia dan BBLR sehingga melatari seksi Kesehatan Ibu dan Anak mengadakan pelatihan manajemen asfiksia dan BBLR untuk tenaga bidan yang belum pernah dilatih sebagai penolong persalinan di lini depan sebayak 26 orang selama 3 hari yaitu sejak tanggal 18 sampai 22 April 2013 dengan metode ceramah, diskusi, simulasi dan uji kompetensi yang bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan dengan pembiayaan dibebankan pada DPA SKPD satuan kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Bidang Kesehatan Keluarga tahun 2013.


Penyampaian Meteri Pada Kegiatan Pelatihan Manajemen Asfiksia dan BBLR Yang Bertempat Di Aula Kabupaten Balangan


 

Humam Arifin SKM, M.Kes selaku kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan berharap bahwa dengan adanya pelatihan manajemen asfiksia dan BBLR dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bidan yang dilatih dalam menggunakan teknologi tepat guna dalam penanganan asfiksia setiap kali menolong persalinan dan penanganan BBLR. Selain itu juga  dapat menyebarkan pengetahuannya kepada keluarga mengenai penanganan BBLR yang boleh mendapatkan perawatan di rumah dengan menggunakan cara yang mudah dan sederhana yaitu teknik kangguru sehingga kematian bayi karena asfiksia dan BBLR dapat terus menurun dengan signifikan dibanding tahun 2012. (Febry & Maya / Kesga).

: tanpa label

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"