PERKEMAHAN SBH SE-KALSEL DI BALANGAN

Admin Juma't, 06/09/2013 Internal 4957 hits

Foto bersama kegiatan Pertibanua II

 

Senin siang nampak ramai di Bumi Perkemahan Sanggam, bertempat di Komplek Sekolah Unggulan (SDN 1, SLTPN 4, dan SMAN 2 Paringin) Kelurahan Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan para pramuka Penegak dan Pendega anggota Satuan Karya Bakti Husada se Kalsel berkumpul. Mereka berhadir di tempat ini guna mengikuti Perkemahan Bakti Sebanuaan II (Pertibanua II) Satuan Karya Pramuka Bakti Husada se Kalimantan Selatan di Kabupaten Balangan Tahun 2013. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari yaitu dari hari Senin s.d Kamis, 02 s.d 05 September 2013.

Maksud dilaksanakannya Pertibanua II SBH se Kalsel di Kabupaten Balangan Tahun 2013 adalah :

1. Sebagai ajang pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pendega anggota Satuan Karya Bakti Husada se Kalsel guna menambah pengalaman, keterampilan dan wawasan tentang kesehatan serta menggalang persaudaraan, menjalin rasa persatuan dan kesatuan guna mewujudkan cita-cita Gerakan Pramuka dan cita-cita nasional bangsa Indonesia.

2. Merupakan upaya membangun diri dan prestasi anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husada melalui pelaksanaan kegiatan kepramukaan yang dikemas secara kreatif, inovatif, produktif, rekreatif.

3. Sebagai wahana bagi anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husada untuk terjun langsung ke masyarakat sebagai perwujudan bentuk pengabdian masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

Tujuan dari Pertibanua II SBH se-Kalsel Tahun 2013 di Kabupaten Balangan adalah  :

1. Memberikan pengalaman anggota Pramuka Satuan Karya  Bakti Husada dalam hal pengembangan wawasan/pengetahuan serta keterampilan di bidang kesehatan.

2. Menumbuhkan kesadaran dan  kebiasaan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sebagai perwujudan bentuk pengabdian masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

3. Mempererat tali silaturahmi antar anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husadase-Kalimantan Selatan.

Motto dari kegiatan ini yaitu “Satyaku Kudarmakan, Darmaku kubaktikan”.

Dengan tema Satukan tekad, satukan langkah untuk membiasakan hidup bersih dan sehat menuju Kalimantan Selatan Sehat ”.

Peserta Pertibanua II SBH se Kalsel Tahun 2013 di Kabupaten Balangan adalah semua Satuan Karya Pramuka Saka Bakti Husada Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, terdiri dari 13 Kabupaten/Kota dan Poltekkes. Namun kontingen dari Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Barito Kuala dan Kota Banjarmasin tidak dapat berhadir mengikuti kegiatan ini.


Pembukaan Pertibanua 2 oleh Bupati Balangan


Kegiatan Pertibanua II SBH se Kalsel Tahun 2013 ini di buka secara resmi dengan acara ke-pramukaan oleh Bapak Sefek Efendie (Bupati Balangan) selaku Pembina Upacara Pembukaan, yang diikuti oleh seluruh peserta dan undangan.

Jenis dan macam kegiatan perkemahaan ada banyak, untuk kegiatan kepramukaan diantaranya kegiatan keagamaan, Kegiatan Upacara – Apel, kegiatan olahraga, kegiatan persaudaraan/anjangsana, kegiatan bumbung pramuka peduli, kegiatan forum Tegak / Dega, Korve Tenda. Untuk kegiatan bakti fisik antara lain pengelolaan sampah, Penyediaan sarana cuci tangan, Pembuatan Taman Tanaman Obat Keluarga (TOGA), pemberantasan sarang nyamuk, Penghijauan/penanaman bibit pohon. Adapun untuk kegiatan Bakti Non Fisik antara lain Penyuluhan mengenai PHBS dan CTPS, Workshop Pembuatan Jamu Tradisional, Simulasi Evakuasi Korban.

Dimeriahkan dengan kegiatan seni budaya berupa pentas seni serta kegiatan baktiwisata yaitu Baktiwisata alam. Diadakan juga Kegiatan khusus yaitu Kegiatan Pimpinan Cabang ( Pinkoncab ), Kegiatan Pembina Pendamping ( Bindam ), Pertemuan pengelola Saka Bakti Husada Periode 2013 – 2014.

Kegiatan tahunan ini juga diadakan beberapa lomba prestasi yaitu lomba cerdas cermat, lomba poster kesehatan, lomba hasta karya pramuka, lomba memasak menu seimbang, lomba Kebersihan, Keamanan dan Ketertiban Tenda, Musicalisasi puisi tentang pramuka dan kesehatan, Lomba Keterampilan Baris-Berbaris, Lomba senam pramuka, lomba penyuluhan kesehatan, serta lomba yel-yel.

Penyerahan thropy Juara umum oleh Bupati Balangan kepada Pimpinan Kontingen Kab. Banjar


 

Pada hari kamis pagi tanggal 5 September 2013 kegiatan Pertibanua II ditutup secara resmi oleh Bupati Balangan sekaligus upacara peringatan Hari Pramuka. Sekaligus pengumuman pemenang lomba dari rangkaian kegiatan Pertibanua II. Untuk Juara Umum adalah dari kontingen Kabupaten Banjar yang memboyong 10 piala perlombaan, dengan demikian untuk kegiatan Pertibanua tahun berikutnya akan diadakan di Kabupaten Banjar.(nad)

 

 



: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"