PEMANTAUAN KAKI GAJAH DI TEBING TINGGI

Admin Kamis, 16/05/2013 Internal 2295 hits

Sampel SDJ desa Auh Tbg Tinggi

 

Pada pukul 19.00 WITA para petugas sudah berkumpul di halaman dinas Kesehatan Kab. Balangan, mereka akan berangkat ke Desa Auh dan Desa Sungsum Kecamatan Tebing Tinggi. Petugas tersebut terdiri dari 4 orang dari BBTKLPP Banjarbaru, 7 orang dari Dinas Kesehatan, 4 orang dari Puskesmas Tebing Tinggi dan dihadiri langsung oleh Kepala dinas Kesehatan Kab.Balangan. mereka melaksanakan Survei Darah Jari (SDJ) Filariasis di Kec.Tebing Tinggi dengan target sampel sebanyak 600 sampel yang terdiri dari 2 Desa, yaitu Desa Auh dan Desa sungsum dan masing-masing Desa diambil sebanyak 300 sampel.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari tanggal 6 Mei s.d 10 Mei 2013. Di dua desa tersebut mereka mengambil sampel SDJ terdiri dari Laki-laki dan perempuan yang berumur diatas 5 tahun. Survei Darah Jari (SDJ) Filariasis bertujuan untuk mengidentifikasi secara dini penyakit filariasis  pada suatu individu atau kelompok supaya dapat ditindak lanjuti secara cepat dan tepat untuk mencegah timbulnya penyakit ini dimasa mendatang.

 

Penyakit kaki gajah (Filariasis) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi cacing yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk, penyakit ini bersifat menular apabila tidak dapat pencegahan dan pengobatan segera. Keberhasilan penerapan strategi dalam pengendalian penyakit Filariasis penting sekali adanya     dukungan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan keterampilan secara teknis maupun administrasi dalam program P2 Filariasis Puskesmas.(asw/p2pl)

: tanpa label

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"