SBH DILATIH KEGAWAT DARURATAN PENANGGULANGAN BENCANA

Admin Juma't, 31/05/2013 Internal 2820 hits

Materi Kegawat Daruratan Bencana

 

Bertempat di Koramil 04 / Batumandi Kab. Balangan pada hari Rabu s.d Kamis, 28-29 Mei 2013 anak-anak anggota Saka Bakti Husada (SBH/.red) berkumpul. Mereka mendapatkan pelatihan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Bagi Pengungsi Korban Bencana dan Pelatihan Kegawat daruratan Penanggulangan Bencana. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Dinas Kesehatan Kab. Balangan beserta Koramil 04 / Batumandi Kab. Balangan.

Materi yang diberikan adalah tentang penanganan kegawat daruratan medis untuk masyarakat awam dimana para peserta diberikan tentang pengertian kegawat daruratan medis serta penanganan yang bisa diberikan oleh masyarakat awam.

 

Peserta diberikan materi dan praktek terutama tentang penanganan luka dan pemasangan bidai ( spalk ) apabila terjadi kecelakan yang mengakibatkan patah tulang yang di peragakan oleh Bapak M. Syamsudin Noor sebagai instruktur dari Kesehatan. Selain itu mereka juga diberi pengetahuan tentang pertolongan pertama pada kecelakaan, terutama bila menghadapi keadaan bencana.

Pemasangan Bidai darurat


Sedangkan materi yang diberikan oleh instruktur dari TNI AD yaitu Serma Ngatemin dan Serma Sutanto adalah tentang pemasangan tenda jenis tenda pengungsi dan tenda keluarga. Setelah selesai mendengarkan materi dan praktek yang diberikan instruktur para peserta langsung melakukan praktek mulai dari persiapan, mendirikan tenda, kemudian membongkarnya kembali seperti semula sampai rapi.

pemasangan tenda darurat

 

Dari penilaian para instruktur setelah pelatihan siswa siswi anggota Saka Bakti Husada di anggap mempunyai kemampuan dasar untuk mendirikan tenda pengungsi dan tenda keluarga. Mereka juga sudah menguasai pertolongan dasar medis. Diharapkan mereka bisa membantu apabila di daerah bencana khususnya di Balangan bila melakukan pengungsian atau evakuasi mereka bisa turun ke lokasi pengungsian.(ddt/yankes)

: tanpa label

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"