RAKERKESKAB BALANGAN 2013

Admin Rabu, 05/06/2013 Internal 2283 hits

Bupati Balangan membuka acara Rakerkeskab 2013

 

Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Pembangunan kesehatan diselenggarakan dengan berdasarkan kepadaperikemanusiaan, pemberdayaan dan kemandirian, adil dan merata, serta pengutamaan dan manfaat dengan perhatian khusus pada penduduk rentan, antara lain ibu, bayi, anak, lanjut usia (Lansia), dan keluarga miskin.

Tahun 2013 merupakan tahun keempat pelaksanaan pembangunan kesehatan periode pemerintahan Kabupaten Balangan tahun 2010-2014 dan juga rencana strategis (renstra) Dinas Kesehatan tahun 2010-2014. Dalam upaya meningkatkan percepatan pencapaian target sasaran yang telah ditetapkan dan kesinambungan penyelenggaran program pembangunan kesehatan maka diperlukan perencanaan pembangunan kesehatan yang sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan melibatkan kerjasama serta komitmen dari seluruh stakeholders, masyarakat termasuk swasta.

Prioritas pembangunan kesehatan adalah peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, dimana kementerian kesehatan telah menetapkan 8 fokus prioritas pembangunan kesehatan untuk mendukung peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan yang ditindaklanjuti dengan upaya yang bersifat reformatif dan akseleratif untuk menjamin terlaksananya pencapaian berbagai upaya kesehatan yang dianggap prioritas dan mempunyai daya ungkit besar melalui reformasi kesehatan.

Pembangunan kesehatan dilaksanakan memalui peningkatan upaya kersehatan; pembiayaan kesehatan; sumber daya manusia kesehatan; sediaan farmasi; alat kesehatan dan makanan; manajemen dan informasi kesehatan; pemberdayaan masyarakat dengan menganut dan menjunjung tinggi nilai – nilai pro-rakyat, inklusif, responsif,efektif dan bersih guna mewujudkan visi misi Dinas Kesehatan.

 

Beberapa isu penting yang mengemuka pada tahun 2013 antara lain upaya akselerasi pencapaian target MDG 2015, persiapan pelaksanaan BPJS tahap I 2014, dan sinkronisasi pelaksanaan pembangunan kesehatan melalui sistem kesehatan nasional(SKN). Tentunya dalam upaya menjawab isu-isu tersebut dan juga dalam upaya pencapaian keberhasilan pembangunan kesehatan tidak semata-mata ditentukan oleh kerja keras sektor kesehatan semata, tetapi sangat dipengaruhi pula oleh hasil kerja serta kontribusi positif berbagai sektor pembangunan lainnya. Berkaitan dengan hal tersebut maka perlu diselenggarakan rakerkeskab tahun 2013 dengan Tema ” Dengan Semangat Rapat Kerja Kesehatan Kabupaten Balangan Kita Percepat Pencapaian MDGs Dan Persiapan Jaminan Kesehatan Nasional ”.

Kegiatan Rakerkeskab ini dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2013 selama 1 hari. Bertempat di Aula Benteng Tundakan Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Balangan.

Peserta Raker kesehatan Kabupaten Balangan terdiri dari unsur :

a. Seluruh Kepala Puskesmas, Kasubbag. TU Puskesmas, Bidan Koordinator Puskesmas dan staf terkait.

 

b. Unsur terkait seperti BPS, Bappeda, RSUD Balangan, PT. ASKES, dan SKPD terkait lainnya.


Nara sumber Rakerkeskab 2013

Nara sumber yang menyampaikan materi adalah terdiri dari :

a. Arah dan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan (oleh Kepala Dinas Propinsi Kalimantan Selatan diwakilkan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan).

b. Pencapaian Program Pembangunan Kesehatan Kabupaten Balangan dan Perencanaan 2014 (oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan)

c. Arah dan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Kabupaten Balangan (oleh Kepala Bappeda Kabupaten Balangan)

d. Persiapan Pelaksanaan BPJS dan Pelayanan Universal Coverage tahun 2019 (oleh PT. ASKES Cabang Barabai).

e. Persiapan Pelayanan Kesehatan UC dan Pembiayaan BPJS (oleh Direktur RSUD Kabupaten Balangan diwakilkan oleh Kepala Bidang Pelayanan Dasar).

 

f. Kesiapan Data BPJS, UHH, dan IPM Kabupaten Balangan (Kepala BPS Kabupaten Balangan).


Tujuan Umum dari Rakerkesda ini yaitu Koordinasi dan sinergisme antara pusat dan daerah dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunan kesehatan tahun 2013 guna mewujudkan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Adapun Tujuan Khusus antara lain :

1. Peningkatan komunikasi dan sinkronisasi kebijakan kesehatan dan program prioritas Dinas Kesehatan tahun 2013.

2. Identifikasi permasalahan daerah terkait pelaksanaan percepatan pencapaian MDG bidang Kesehatan dan persiapan JKN.

 

3. Merumuskan kesepakatan pelaksanaan upaya percepatan pencapaian MDG bidang kesehatan dan persiapan pelaksanaan JKN.

suasana diskusi Rakerkeskab 2013

Dengan kegiatan Rakerkeskab ini diharapkan akan menghasilkan rumusan rekomendasi kebijakan perencanaan dan pelaksanaan program Pembangunan Kesehatan. Terwujudnya percepatan pencapaian target sasaran program pembangunan kesehatan. Meningkatnya peran pemerintah propinsi dan pemerintah kabupaten dalam pembangunan kesehatan. Serta terwujudnya kesepahaman dan kesepakatan tentang penyelenggaraan prioritas pembangunan kesehatan khususnya di Kabupaten Balangan.(yankes/red)

 

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"