PERTEMUAN RUTIN DINKES & PUSKESMAS TRIWULAN III

Admin Senin, 08/10/2012 Internal 4121 hits

Hasil Kegiatan antara lain :

1. Rapat bulanan di jadwalkan setiap satu bulan sekali. Jadwal disusun oleh seksi Puskesmas ( bidang Yankes ) untuk notulen rapat bulanan dilakukan oleh Sub Bagian Program dan Pelaporan ( sekretariat ).

2. BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial)  mulai akan di laksanakan pada tahun 2014, oleh sebab itu perlu dipersiapkan dari sekarang.

3. IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Balangan masih berada di urutan terbawah se-Kalsel oleh sebab itu perlu adanya upaya  untuk meningkatkan cakupan program terutama yang menjadi indikator penilaian IPM tersebut.

4. Realisasi dana BOK (Bantuan Operasional Kesehatan) sampai dengan saat ini lebih kurang 32 %, oleh sebab itu agar serapan dana BOK lebih tinggi diharapkan  sesegeranya kegiatan – kegiatan yang didanai oleh dana BOK secepatnya dilaksanakan.

Laporan dari Bapak Sekretaris Dinas Kesehatan:

  1. IPM rendah salah satunya ditentukan IPKM (Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat)
  2. Masih ada Polindes yang tidak di tempati / petugas tidak di tempat.
  3. Penyerapan dana BOK agar di sepakati batas waktunya.

Laporan dari Kabid Yankes (Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan):

  1. Perkenalan
  2. Info pertemuan Pelayanan Kesehatan tradisional dan komplementer
  3. Kegiatan Yandacil yang akan di laksanakan bulan Oktober.

 

Laporan Kabid Kesga (Kepala Bidang Kesehatan Keluarga):

  1. Akses pelayanan  kesehatan terhadap Ibu masih rendah, tolong di tingkatkan dengan bantuan dana APBD (Anggaran Pembangunan Belanja Daerah) II maupun BOK.
  2. Posyandu usila perlu diperhatikan realisasinya.

  1. Pencatatan dan pelaporan di klinik KB (Keluarga Berencana) supaya divalidasi lagi karena hasil temuan berbeda dengan data  PPL KB (Petugas Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana).

Laporan dari Kabid Promkes (Kepala Bidang Promosi Kesehatan):

  1. Kegiatan  lomba  Posyandu  tingkat  Kabupaten  tahun  2012, pemenangnya akan di ikutkan lomba Posyandu tingkat Provinsi.
  2. Kegiatan penjaringan anak sekolah ( Dasar, SMP/Sekolah Menengah Pertama /SMP / SMA/Sekolah Menengah Atas ), Puskesmas di minta “jemput bola ke sekolah – sekolah.
  3. SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional) tentang BPJS sedang digodok di dalamnya memuat aturan  tentang Askes (Asuransi Kesehatan), Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat), Jampersal (Jaminan Persalinan) dan Jamkesprov (Jaminan Kesehatan Propinsi) pada tahun 2013.( .Sekretariat-Dinkes Balangan)

: tanpa label

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"