SOSIALISASI SIKKA 2012

Admin Kamis, 16/08/2012 Internal 3010 hits

Sambutan Kepala Bidang Promosi Kesehatan untuk kegiatan Sosialisasi Aplikasi SIKKA

 

(Paringin, 14 Agustus 2012). Berdasarkan Misi Kesehatan ketujuh yaitu mengembangkan Sistem Informasi Kesehatan Terpadu serta Data harus Evidence Based (berdasarkan fakta atau kenyataan di lapangan). Bagian dari pragram Sistem Informasi Kesehatan antara lain program Program Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus) serta penyusunan Bank Data dan Profil Kesehatan Kabupaten/Puskesmas. Kegiatan ini dalam rangka penyusunan  Data dan Informasi, khususnya data kesehatan di wilayah kecamatan / Puskesmas hingga Kabupaten yang Evidence Based.

Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Keluarga (SIKKA) merupakan bagian dari aplikasi SIK, yang sangat membantu pengelola data dalam rangka manajemen data dasar atau pendataan keluarga (kesehatan ibu dan anak) di wilayah kerja Puskesmas. Kegiatan tersebut telah dikembangkan oleh Puskesmas Lampihong. Hasil program tersebut, Puskesmas Lampihong dapat menyusun data penduduk di wilayah kerja Puskesmas  perjenis kelamin dan pergolongan umur. Data tersebut tertuang dalam Profil Kesehatan Puskesmas setiap tahun. Program SIKKA tersebut sangat baik diterapkan oleh Puskesmas lainnya.

Beberapa kendala di atas, menjadi pemicu, sehingga perlu dilaksanakannya kegiatan Pertemuan aplikasi/software SIKKA dan evaluasi program Sistem Informasi Kesehatan (SIK) di tingkat Kabupaten.

Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan pengetahuan peserta di bidang aplikasi SIKKA dan mencari pemecahan masalah beberapa kendala penyusunan program SIK. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 Agustus 2012 pada pukul 09.00 s.d. selesai yang bertempat di  Aula Dinas Kesehatan Kab. Balangan. Adapun jumlah pesertanya mencapai 50 orang, yang terdiri dari peserta Puskesmas sebanyak 33 orang serta para undangan yaitu Kasi Rekam Medis RSUD Balangan, Kepala Bidang (lintas program).

Nara sumber kegiatan : Kepala Dinas Kesehatan, Kabid. Promosi Kesehatan, Kasi Sistem Informasi kesehatan, Pengelola Data Puskesmas Lampihong (Bapak Herliansyah).

Metode Pelaksanaan :

1. Paparan

2. Diskusi

3. Praktek

Paparan dan Praktek Aplikasi SIKKa terdiri dari :

· Teori dasar aplikasi program

· Teknik instal

· Teknik Penyesuaian tanggal secara string (dd-mm-yyyy)

· Kolom dan menu aplikasi

· Sinkronisasi data dasar aplikasi SIKKa dengan data dasar BPS perdesa

· Pengisian data dasar SIKKa

· Pengisian Data registrasi KK  penduduk

· Pengisian data penduduk per jenis kelamin

· Pengisian data perkelompok umur

· Data riwayat penyakit

· Evaluasi Data entry

· Rekap laporan SIKKa

Kendala Penyusunan Bank data Triwulan dan Tahunan : Manajemen data belum terlaksana, kurangnya dukungan Tim Pengelola Data dan Kepala Puskesmas.

Kendala Teknis Simpus Rawat Jalan / Simpus Web di Puskesmas : Pengelola entry data yang rangkap tugas lain (medis), kurangnya kerja sama pengelola program dengan pengelola data di Puskesmas, evaluasi kode data penyakit ICD X dan kode data dasar lainnya.

Demikian pelaksanaan Pertemuan Aplikasi Sistem informasi kesehatan keluarga Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, pelaksanaan kegiatan diharapkan menjadi acuan dan evaluasi penyusunan data dasar program kesehatan.(.siti)

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"