PEMERIKSAAN CALON JEMAAH HAJI BALANGAN 2012

Admin Juma't, 27/07/2012 Internal 3667 hits

Pemeriksaan Calon Jemaah Haji Balangan 2012

 

 

Berdasarkan amanat UU nomor 13 tahun 2008, tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Pemerintah wajib menyelenggarakan pelayanan kesehatan Haji agar jemaah haji dapat menunaikan ibadah dengan baik sesuai dengan ketentuan ajaran agama islam. Dan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 442/MENKES/SK/VI/2009 tentang Pedoman Penyelenggaran Kesehatan Haji, tujuan Penyelenggaraan Kesehatan Haji adalah meningkatkan kondisi kesehatan jemaah haji sebelum keberangkatan, menjaga agar jemaah haji dalam kondisi sehat selama menunaikan ibadah, sampai tiba kembali di Tanah Air dan mencegah terjadinya transmisi penyakit menular yang mungkin terbawa keluar / masuk oleh jemaah haji.

Menindaklanjuti hal tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Rumah Sakit dan Puskesmas berkewajiban memberikan pelayanan kesehatan yang meliputi pemeriksaan kesehatan, vaksinasi,  perawatan, pemeliharaan kesehatan, test kebugaran dan penyuluhan.

Kesehatan adalah modal perjalanan ibadah haji, tanpa kondisi kesehatan yang memadai, niscaya prosesi ritual peribadatan menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu setiap jemaah haji perlu menyiapkan diri agar memiliki status kesehatan optimal dan mempertahankannya. Untuk itu, upaya mendasar yang perlu ditempuh adalah melalui salah satunya yaitu pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan merupakan upaya identifikasi status kesehatan sebagai landasan karakterisasi, prediksi dan penentuan cara eliminasi faktor risiko sehingga dapat dijadikan sebagai dasar/ ketetapan kelaikan keberangkatan Calon Jemaah Haji.

Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PL) H.Akhmad Nasa’i, S.Kep selaku ketua Tim Pemeriksa Kesehatan haji mengungkapkan, pemeriksanaan kesehatan calon jemaah haji  merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan terhadap 137 calon jemaah Haji Kabupaten Balangan Tahun 1433 H/ 2012 M. Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan melalui mekanisme baku pada sarana pelayanan terstandart meliputi pelayanan kesehatan dasar yaitu Puskesmas dan Rumah Sakit sebagai layanan kesehatan rujukan, dimana pelayanan tersebut dilaksanakan secara kontinyu dan konfrehensif untuk mendapatkan hasil pemeriksaan kesehatan CJH yang optimal, valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

Sarana, tempat dan Tim pemeriksaan kesehatan CJH ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Balangan Nomor 188.45/220/Kum Tahun 2012 Tanggal 13 Juli 2012, sebagai dasar dalam melaksanakan dan menerapkan sistem maupun mekanisme pelayanan kesehatan terhadap calon jemaah haji.

Pemeriksaan kesehatan dasar dilaksanakan di Puskesmas Paringin dan Puskesmas Paringin Selatan serta Rumah Sakit Balangan sebagai pelayanan kesehatan rujukan yang dilaksanakan pada tanggal 16 – 23 Juli 2012. Dimana ketiga institusi tersebut merupakan sarana dan tempat yang ditunjuk untuk memberikan pelayanan tersebut, sedangkan Puskesmas lain juga memberikan pelayanan kesehatan dalam bentuk pembinaan, pemeliharaan dan penyuluhan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji diberikan dalam bentuk pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya seperti pemeriksaan Rontgen dan EKG.

Pelayanan imunisasi Meningitis Meningokokus, imunisasi influenza, test kebugaran serta tes kehamilan bagi JCH perempuan.diperkirakan September mendatang bisa dilaksanakan mengingat distribusi logistik vaksin belum ada.

 

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"