LOMBA BALITA SEHAT 2012

Admin Rabu, 04/07/2012 Internal 6660 hits

Foto Bersama Peserta Lomba Balita Sehat Dengan Tim Pembina Balita Sehat

 

 

Pemerintah Indonesia telah menyatakan komitmennya terhadap deklarasi WCF (A World fit For Children) pada tahun 2001 Indonesia diharapkan dapat menyusun suatu program Promosi Hidup Sehat, Penyediaan pendidikan yang berkualitas, Perlindungan terhadap Perlakuan yang salah, misalnya Eksplorasi dan Kekerasan terhadap anak, yang berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28b dan 28c, serta Undang-undang Republik Indonesia No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Undang-undang No.4 tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak.

Berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2000, proporsi jumlah anak dan remaja yang berusia 0-14 tahun hampir mencapai 30 % dari total jumlah penduduk, jumlah balita di Indonesia pada tahun 2001 yaitu sebesar 26,2 juta anak usia antara 0-6 tahun, dan baru sekitar 7,3 % yang telah mendapat layanan perawatan, diperkirakan mencapai 18,8 juta anak yang belum memperoleh pelayanan perawatan, dari seluruh populasi yang ada. Anak balita merupakan generasi penerus bangsa yang perlu perhatian secara khusus, karena awal kehidupan mereka merupakan masa yang sangat peka terhadap perubahan lingkungan, kesehatan anak tidak dapat dipisahkan dan derajat kesehatan ibu.

Anak balita merupakan salah satu aset bangsa yang sangat berharga dalam menentukan kelangsungan hidup dan kejayaan bangsa di masa mendatang, yang mempunyai hak dan kebutuhan akan zat-zat bergizi, kesehatan, bermain, kebutuhan emosional, pengembangan moral, pendidikan serta lingkungan keluarga dan sosial yang mendukung kelangsungan hidup, tumbuh kembang dan perlindungannya. Anak balita juga berhak atas peluang dan dukungan untuk mewujudkan pengembangan diri dan kemampuannya.

Ada beberapa perbedaan yang mendasar terhadapa anak salah satunya adalah perbedaan otak orang dewasa dan anak, kalau otak anak balita lebih plastis dibandingkan orang dewasa. Plastisitas otak ini mempunyai sisi positif dan negatif, pada sisi positif, otak anak balita lebih terbuka untuk belajar dan diperkaya, sedangkan sisi negatifnya adalah otak anak lebih peka terhadap lingkungan, terutama lingkungan yang tidak mendukung, termasuk kemiskinan dan stimulasi yang minim. Masa ini disebut juga masa keemasan atau jendela kesempatan atau masa kritis. Masa ini tidak berlangsung lama, sehingga harus mendapat perhatian yang serius.

Untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian orang tua, keluarga dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan di atas perlu diupayakan suatu kegiatan promotif, melalui pelaksanaan Lomba Balita Indonesia (LBI) secara berjenjang mulai Tingkat Puskesmas sampai tingkat Kabupaten/Kota.


Tujuan dari kegiatan ini antara lain :

a. Untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal.

b. Untuk meningkatkan motivasi masyarakat dalam pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita.

c. Untuk meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita.

Dasar Pelaksanaan Kegiatan :

1. Undang – undang No. 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak.

2. undang – undang No. 23 tahun 1992 tentang Kesehatan.

  1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
  2. Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD) Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Tahun Anggaran 2012.

 

Kegiatan Lomba Balita Indonesia (LBI) Tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2012 dilaksanakan pada :

Hari           : Senin

Tanggal     :  25 Juni 2012

Pukul         :  09.00 s.d. selesai

Tempat      :  Aula SKB Kabupaten Balangan

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Seksi Gizi Kesehatan Keluarga, Bidang Kesehatan Keluarga, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan. Tim Penilai berasal dari lintas sektor dan lintas program terkait, yang terdiri dari unsur :

a. Dokter Gigi

b. Dokter umum

c. Kabid KB Bapembermas Puan dan KB

d. Tim Penggerak PKK

e. Persagi

f. Pengelola program Imunisasi Dinas Kesehatan

Peserta lomba adalah perwakilan dari masing-masing puskesmas se Kabupaten Balangan, yang terbagi atas 2 (dua) kelompok umur :

a. Kelompok Umur      6 s.d. 24 bulan             :  11 anak

b. Kelompok Umur      2 s.d. 5 tahun             :  11 anak

Peserta lomba didampingi oleh masing-masing petugas gizi puskesmas beserta orangtua balita.

HASIL KEGIATAN

Adapun hasil Lomba Balita Indonesia Tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2012 sebagai berikut:

No.

Nama Anak

(Kelompok Usia 6-24 Bulan)

Alamat

Nilai

Peringkat

1.

2.

3.

M. Hafizul Rahman

Afqia Indah Ayu

Aida Azkia

Lampihong

Pirsus

Juai

975

973

970

Juara I

Juara II

Juara III

No.

Nama Anak

(Kelompok Usia 2-5 Tahun)

Alamat

Nilai

Peringkat

1.

2.

3.

Zahratun Syifa

Siti Aisyah

M. Hafiz Afrida

Halong

Paringin

Lokbatu

980

950

948

Juara I

Juara II

Juara III

Dengan kegiatan ini diharapkan kesadaran tentang balita sehat di masyarakat Balangan dapat meningkat.

 

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"