OPERASI BIBIR SUMBING 2012

Admin Senin, 09/07/2012 Internal 1215 hits

 

Foto bersama

Bibir sumbing adalah kelainan kotak palatine (bagian depan dan samping muka serta langit-langit mulut) tidak menutup dengan sempurna atau bibir sumbing merupakan kelainan formasi bibir akibat terganggunya fusi (menyatunya) selama masa pertumbuhan intra uterine (dalam kandungan). Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya bayi lahir bibir sumbing yaitu kurangnya nutrisi pada masa kehamilan.

Laporan penderita Bibir Sumbing dan Langit-langit di Kabupaten Balangan tahun 2012 pada saat ini berjumlah 10 orang, yang terdiri dari Bibir Sumbing dan Langit-langit adalah di wilayah Uren sebanyak 1 orang, wilayah Tebing Tinggi sebanyak 3 orang, wilayah Lokbatu sebanyak 2 orang, wilayah sebanyak Batumandi 2 orang, wilayah Juai sebanyak 1 orang, wilayah Awayan 1 orang.

Melihat semakin meningkatnya angka penderita bibir sumbing khususnya di wilayah Kabupaten Balangan, maka diperlukan beberapa program untuk menurunkan jumlah penderita bibir sumbing, salah satunya dengan menambah unit pelayanan kesehatan, dan dokter spesialis Bedah Mulut serta melaksanakan pelayanan Operasi Bibir Sumbing sebagai salah satu upaya rehabilitasi yaitu melaksanakan kegiatan operasi bibir sumbing,

Dasar pelaksanaan Pelayanan Operasi bibir sumbing dan langit - langit  ini adalah :

1. Amandemen Undang- Undang Dasar 1945 tahun 2002 pasal 28H

2. Undang – Undang RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

3. Undang – Undang RI No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah

4. Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 Tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi sebagai Daerah Otonom

 

Adapun tujuan Pelayanan operasi bibir sumbing dan langit - langit adalah untuk memberikan pelayanan operasi bibir sumbing dan langit - langit bagi masyarakat yang kurang mampu. Sasaran utama dari Pelayanan Operasi bibir sumbing adalah masyarakat yang kurang mampu.

Penderita Pelayanan Operasi Bibir Sumbing sebanyak 8 orang yang terdiri dari :

1. Ariati umur 6 bulan, alamat Batumandi, jenis labio/bibir

2. M. Alfiannor umur 6 bulan, alamat Lokbatu, jenis labio palato/ bibir sumbing dan langit-langit

3. Uhing  umur 17 tahun, alamat Tebing Tinggi, jenis labio/bibir

4. Herlina umur 15 tahun, alamat Awayan, jenis palato/langit-langit

5. Riwing umur 35 tahun, alamat Libaru Sungkai, jenis labio/bibir

6. Masdiana umur 45 tahun, alamat Simpang Nadong, jenis labio/bibir

7. Amat umur 14 tahun, alamat Juai, jenis labio/bibir

8. Rahmat umur 15 tahun, alamat Lokbatu, jenis palato/langit-langit

pemeriksaan peserta operasi bibir sumbing

Pelayanan Operasi Bibir Sumbing dan langit - langit dilaksanakan pada tanggal 30 Juni – 2 Juli 2012. Pelayanan Operasi Bibir Sumbing dan langit - langit dilaksanakan di Rumah Sakit Daerah Umum H. Damanhuri Barabai. Dokter Spesialis Bedah Mulut yang ditunjuk adalah drg. H. Abdul Muin, Sp. BM. Segala dana untuk keperluan operasi bibir sumbing dan langit - langit ini berasal dari Bantuan PT. SIS / SaptaindraSejati.

 

Demikian kegiatan Pelayanan Operasi Bibir Sumbing dan langit-langit Kabupaten Balangan. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dilain waktu yang akan datang sehingga mengurangi penderita bibir sumbing dan langit-langit di Kabupaten Balangan.

 

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"