LOMBA SENAM USILA 2012

Admin Senin, 28/05/2012 Internal 7692 hits

Foto bersama pemenang lomba senam sehat


Dengan meningkatnya Umur Harapan Hidup dari 61,55 tahun pada 2010 menjadi 61,75 tahun 2011, maka jumlah usia lanjut juga makin meningkat dimana pada tahun 2020 diperkirakan menjadi 28 juta (11,34%). Berdasarkan data Riskesdes pada tahun 2007, penyakit yang banyak diderita oleh usia lanjut adalah penyakit sendi (62,9%), hipertensi (63,5%), katarak (41,9%), stroke (31,9%), jantung (19,2%) dan gangguan mental emosional (23,2%). Dari data tersebut terlihat bahwa jumlah usia lanjut maka meningkat dengan mengalami banyak penyakit degeneratif, sehingga perlu dikembangkan program kesehatan usia lanjut.

Pembangunan kesehatan di arahkan untuk meningkatkan kesadaran kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Pembangunan kesehatan diselenggarakan berdasarkan perikemanusiaan, pemberdayaan dan kemandirian, adil dan merata, serta pengutamaan dan manfaat dengan perhatian khusus pada penduduk rentan antara lain ibu, bayi, anak, manusia usia lanjut dan keluarga miskin.

Kesehatan keluarga sebagai salah satu unsur dasar kesejahteraan keluarga akan memperkuat ketahanan keluarga yang selanjutnya memperkokoh ketahanan Nasional.Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berbudi luhur mempunyai ikatan kekeluargaan yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan dan budaya bangsa, yaitu menghormati serta menghargai peran dan kedudukan lanjut usia yang memiliki kebijakan dan kearifan serta pengalaman berharga yang dapat diteladan oleh generasi penerusnya.

Upaya memelihara, mepertahankan dan mengembangkan nilai-nilai budaya tersebut dilaksanakan antara lain melalui upaya peningkatan kesejahteraan sosial usia lanjut yang bertujuan mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan para lanjut usia.

Sebagai hasil pembangunan terlihat adanya peningkatan umur harapan hidup waktu lahir yang membawa dampak peningkatan jumlah usia lanjut dengan berbagai masalah dan kebutuhan bagi usia lanjut di bidang kesehatan.

Agar Lansia selalu sehat makan secara teratur dan makan berbagai jenis makanan secara cukup terutama makanan alami, tidak merokok atau minum –minuman yang beralkohol, karena orang yang merokok sangat berisiko mudah terkena serangan berbagai penyakit seperti mempercepat menderita serangan jantung, kanker, paru-paru, TBC dan darah tinggi,. Kerja ringan, tidak boleh kerja berat / tidak bermalas-malasan dan istirahat / tidur yang cukup.Memeriksakan kesehatan secara teratur biarpun tidak sakit dan cepat berobat bila sakit.

Pada hari Usia Lanjut Sedunia yang jatuh setiap tanggal 29 Mei, Tahun ini Republik Indonesia mengambil Tema Peringatan Hari Lansia adalah “ Menuju Tua : Sehat, Mandiri dan Produktif “ Sehubungan dengan hal ini Kabupaten Balangan mengadakan kegiatan Lomba Senam Usia Lanjut.

Penyelenggaraan Lomba Senam Usila di Tingkat Kabupaten Balangan terlaksana dengan adanya kerjasama antara Dinas Kesehatan dengan TP PKK Kabupaten Balangan, PT.Askes Balangan Cab. Barabai, BPPPAKB dan Dinsosnakertran Kab. Balangan.

Tujuan Umum :

Meningkatkan derajat kesehatan dan mutu  kehidupan usia lanjut untuk mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya.

Tujuan Khusus :

- Meningkatkan kerjasama dengan petugas lintas sektor terkait dalam pembinaan

kesehatan usia lanjut

- Meningkatkan kemampuan dan peran serta usia lanjut, keluarga, tokoh masyarakat,

organisasi sosial dan lembaga swadaya masyarakat dalam menghayati dan mengatasi

kesehatan usia lanjut.

- Meningkatkan kesadaran para usia lanjut untuk membina sendiri kesehatannya.

- Meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan kesehatan usia lanjut.

- Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan usia lanjut.

Pembinaan kesehatan usia lanjut meliputi beberapa kelompok sasaran yaitu:

Sasaran langsung yang terdiri dari kelompok usia:

- Virilitas / prasenilis umur 45 – 59 tahun

- Usia lanjut umur 60 – 69 tahun

- Usia lanjut resiko tinggi yaitu usia > 70 tahun atau usia ≥ 60 tahun dengan masalah

kesehatan.

Sasaran tidak langsung yang terdiri dari:

- Kelompok dimana usia lanjut berada

- Masyarakat dilingkungan usia lanjut berada

- Organisasi sosial yang bergerak dalam pembinaan kesehatan usia lanjut

- Petugas kesehatan yang melayani kesehatan usia lanjut

- Masyarakat luas

Kegiatan lomba ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 23 Mei 2012 bertempat di Aula Mayang Maurai, Komplek Garuda Maharam Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan.

Lomba Senam Lanjut Usia yang diikuti oleh 11 Regu Senam, yang setiap Regu terdiri dari 6 orang dengan total 66 Orang peserta senam Lanjut Usia, yang berasal dari delapan (8) Kecamatan dari sebelas (11) Puskesmas dengan total seluruh yang hadir 280 orang, terdiri dari peserta, Petugas Kesehatan dan para undangan.

Peserta yang ditampilkan sekaligus 2 Regu dengan Juri setiap regu terdiri dari 3 orang Juri, Jadi total Juri berjumlah 6 Orang.

Kriteria Penilaian Lomba Senam Lanjut Usila adalah dilihat dari Yel-Yel Kelompok,  Gerakan Senam yang terdiri dari kekompakkan, keserasian dan kerapian, serta dilihat dari Keseragaman dan Kerapian Pakaian peserta Senam.

peserta senam lansia

Dari Hasil Penilaian Tim Juri yang dilihat dari Kriteria penilaian diatas, Diperoleh Hasil Pemenang Lomba Senam Usila dan meraih Hadiah Sebagai berikut :

1. Juara I Regu Senam Usila Melati dari parangin Kota Meraih Piala dan Uang tunai sebesar Rp. 3.000.000

2. Juara II Regu senam Usila Kenanga dari Kecamatan Juai meraih Piala dan Uang Tunai sebesar Rp.2.000.000

3. Juara III Regu Senam Usila Kelinci Putih dari Kecamatan Awayan meraih Piala dan Uang Tunai sebesar Rp. 1.500.000

Selain mendapatkan Piala dan Uang Tunai, Peserta juga mendapatkan Souvenir Lomba Senam Usila berupa Baju Training, Jilbab dan kaos kaki. Sedangkan Panitia, Undangan dan Petugas Kesehatan dari setiap Puskesmas mendapat Baju yang di Sponsori oleh Pihak PT. ASKES Balangan Cabang Barabai.

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"