^ Ke Atas
 
 
Anda berada di: Depan > Masuki Bulan Agustus Kadinkes Ingatkan Makna Kemerdekaan Balangan Tidak Melaksanakan Imunisasi Mr
MASUKI BULAN AGUSTUS KADINKES INGATKAN MAKNA KEMERDEKAAN (BALANGAN TIDAK MELAKSANAKAN IMUNISASI MR)
Diposting pada: Juma't, 28/07/2017 | Hits : 23 | Kategori: Internal
 

Paringin-Kemerdekaan pada dasarnya bukan hanya tentang bebas dari penjajahan bangsa lain, namun juga bermakna bebas dari rasa sakit akibat penyakit. Mengisi kemerdekaan tidak cukup dengan Amunisi namun juga Imunisasi.

"Salah satu program kesehatan untuk memerdekan masyarakat Indonesia dari serangan penyakit, diantaranya adalah dengan mengadakan program imunisasi yang diselenggarakan selama ini, demikian pula dalam bulan Agustus sampai September ini," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, H. A. Nasa'i usai mengikuti senam pagi di halaman sekretariat daerah Kabupaten Balangan, hari jum'at (28/7/2017).

Diungkapkannya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menyiapkan imunisasi Measles Rubella (MR) atau Campak dan Rubella untuk anak-anak di bawah usia 15 tahun, dan pemberian imunisasi ini akan dilaksanakan dalam bulan Agustus sampai September 2017.

"Program pemerintah ini akan dilaksanakan dalam 2 fase, fase pertama dilaksanakan bulan Agustus dan September 2017 di Pulau Jawa. Dan fase kedua tahun 2018 dan akan dilaksanakan di seluruh Indonesia," urainya.

Ditambahkannya, Meskipun Kabupaten Balangan baru dilaksanakan tahun depan atau fase kedua, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan sejak jauh-jauh hari telah mensosialisasikan program pemerintah ini lewat promosi-promosi kesehatan di seluruh fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Balangan, serta melakukan pendekatan kepada para tokoh agama dan lintas sektor terkait.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Hj. Siti Raudah ikut menambahkan bahwa, memang benar pelaksanaan imunisasi Measles Rubella di Kabupaten Balangan tidak dilaksanakan Tahun 2017 ini.

"Tahun 2018 baru kita melaksanakan Imunisasi Measlles Rubella atau MR. Namun jangan berkecil hati, tahun ini di bulan September, kita akan melaksanakan imunisasi Campak dengan sasaran siswa kelas 1 Sekolah Dasar atau sederajat," ungkapnya.

Dijelaskannya, imunisasi Measlles Rubella (MR) ini merupakan jenis vaksin baru yang akan menggantikan vaksin campak, dan selanjutnya akan menjadi bagian dalam program nasional imunisasi dasar lengkap.

"Imunisasi MR ini diberikan untuk melindungi anak dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan," ujarnya.

Sebelum mengakhiri wawancara, diungkapkannya pula bahwa kementerian kesehatan (Kemenkes) RI saat ini memang akan menambah beberapa vaksin untuk menambah dalam program nasional imunisasi dasar lengkap secara bertahap.

"Ada beberapa jenis vaksin baru yang akan diberikan untuk imunisasi dasar lengkap, diantaranya Measles Rubella (MR), vaksin Pneumococcos, vaksin Human Papillomavirus (HPV), Japanese Encephalitis (JE), dan vaksin Rotavirus," pungkasnya. [Rie]


 

Posting Terkait Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali