^ Ke Atas
 
 
Anda berada di: Depan > Iva Lebihi Target Dinkes Apresiasi Ibi Cabang Balangan
IVA LEBIHI TARGET, DINKES APRESIASI IBI CABANG BALANGAN
Diposting pada: Rabu, 05/07/2017 | Hits : 150 | Kategori: Internal
 

Paringin - Atas capaian Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Balangan dalam upaya mendeteksi kanker leher Rahim di Kabupaten Balangan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan melalui Kasi Kesga dan Gizi, Maya Lisani mengucapkan apresiasi yang sedalam-dalamnya dalam kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka peringatan hari Jadi Ikatan Bidan indonesia ke-66 dan hari Bidan Internasional yang dilaksanakan pada hari ini tadi, Rabu (5/7/2017)

IBI KABUPATEN BALANGAN PEMERIKSAAN IVA 2017Ditemui seusai pelaksanaan kegiatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan sore tadi, Mba Maya demikian ia biasa dipanggil mengungkapkan bahwa, dengan capaian 128,7% menunjukkan keseriusan Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Balangan dalam upaya mencegah penyakit kanker leher rahim, sehingga patut diberikan apresiasi.

Ditambahkannya, kegiatan yang dilaksanakan oleh para Bidan ini adalah dengan melakukan pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA), yaitu metode pemeriksaan dengan melihat langsung leher rahim setelah dipulas dengan asam asetat kepada para wanita berusia 35 - 55 tahun.

"Dengan Pemeriksaan ini, maka hanya dalam hitungan detik saja, kita sudah bisa mendeteksi kelainan pada leher rahim. Sehingga apabila ditemukan kelainan, kita dapat melakukan penanganan sesegera mungkin," ungkapnya.

Dengan cara demikian ujarnya lagi, maka angka kesakitan dan kematian akibat penyakit yang diderita oleh para wanita ini dapat dicegah dan diturunkan.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular (PTM) Dinkes Kabupaten Balangan Hj. Ariyani yang ditemui ditempat yang sama ikut menambahkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Balangan ini sangat sejalan dengan program Dinas Kesehatan, dimana sekarang ini angka kejadian penyakit tidak menular semakin meningkat jumlahnya.

"Kegiatan Pemeriksaan IVA ini merupakan bagian dari kegiatan Program Penyakit Tidak Menular, jadi kami sangat mendukung kegiatan ini," ujarnya.

Diterangkannya, bahwa dari terget yang ditetapkan sebanyak 108 orang, sampai dengan pukul 19:00 wita tadi telah dilakukan pemeriksaan terhadap wanita berusia 35-55 tahun sebanyak 139 orang, dengan perincian pemeriksaan yang dilaksanakan di Ranting IBI awayan 12 orang, Lampihong 15 orang, Paringin 18 orang, Batumandi 14 orang, Paringin Selatan 16 orang, Tebing Tinggi 12 orang, Juai 12 orang, Halong 28 orang, dan Rumah Sakit Balangan sebanyak 12 orang.

"Untuk itu kami sangat berterimakasih, dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada IBI Cabang Balangan. Kami juga mewakili seluruh profesi Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan mengucapkan selamat hari jadi Ikatan Bidan Indonesia ke-66, dan selamat hari jadi Bidan internasional tahun 2017," pungkasnya.

Lewat jaringan telepon ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Balangan, Mahrita juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas Kesehatan atas dukungan untuk kegiatan yang mereka selenggarakan dalam rangka hari jadi profesi Bidan tersebut.

"Alhamdulillah, berkat dukungan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, dan semangat rekan-rekan Bidan di Kabupaten Balangan, kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar, semoga ini akan menjadi amal kebaikan bagi kita semua," ujarnya. [Rie]


 

Posting Terkait Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali