^ Ke Atas
 
 
Anda berada di: Depan > Dinkes Balangan Dukung Ibi Pecahkan Rekor Muri
DINKES BALANGAN DUKUNG IBI PECAHKAN REKOR MURI
Diposting pada: Selasa, 04/07/2017 | Hits : 212 | Kategori: Internal
 

Paringin-Menanggapi rencana Ikatan Bidan Indonesia memecahkan catatan Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan melakukan pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) terbanyak se-Indonesia yang dilaksanakan besok Rabu (5/7/2107), Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan menyatakan mendukung penuh kegiatan tersebut.

Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten BalanganKepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, H.A. Nasa'i yang ditemui di ruang kerjanya, selasa (4/7/2017) menyatakan sangat mendukung kegiatan dan siap memfasilitasinya, mengingat kegiatan tersebut sejalan dengan program Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan yaitu Penyakit Tidak Menular (PTM).

Diungkapkannya, pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker rahim, yaitu dengan melihat langsung leher rahim setelah dipulas dengan asam asetat.

"Dengan terdeteksi secara dini kelainan yang terjadi pada leher rahim, kita dapat dapat sesegeranya melaksanakan pengobatan. Sehingga dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat penyakit yang diderita oleh para wanita ini," urainya.

Ditambahkannya, untuk mendukung kegiatan positif ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan sejak jauh-jauh hari telah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang kegiatan ini, yaitu berupa penyuluhan yang dilaksanakan di Puskesmas, serta melalui website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.

Sementara itu ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Balangan, Mahrita yang ditemui di Puskesmas Paringin pada hari yang sama juga mengungkapkan bahwa, kegiatan Pemecahan rekor MURI ini dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT IBI ke-66 dan Hari Bidan Internasional Tahun 2017.

Ditambahkannya, kegiatan ini dilaksanakan serentak pada hari Rabu tanggal 5 Juli 2017 diseluruh indonesia, dengan sasaran wanita berusia 35-55 tahun terutama mereka yang telah menikah.

"Pemeriksaan ini selain gratis tidak dipungut biaya, praktis dan hanya dalam beberapa detik sudah bisa mendeteksi kelainan leher rahim," ujarnya.

Ketua IBI Kabupaten Balangan ini juga menjelaskan bahwa, untuk kabupaten Balangan dilaksanakan serentak di seluruh Ranting IBI, yaitu disetiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Balangan.
"jadi setidaknya ada 12 tempat yang kami persiapkan untuk melaksanakan kegiatan ini," Pungkasnya.

Sebelum mengakhiri wawancara, wanita murah senyum ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Balangan, yaitu kepada para wanita yang berusia 35-55 tahun, agar mendatangi ranting IBI atau Puskesmas terdekat untuk mengikuti pemeriksaan IVA pada hari Rabu besok. [Rie]


 

Posting Terkait Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali