^ Ke Atas
 
 
Anda berada di: Depan > 3 Sopd Mendapat Reward Tanpa Rokok Dari Bupati Balangan
3 SOPD MENDAPAT REWARD TANPA ROKOK DARI BUPATI BALANGAN
Diposting pada: Senin, 12/06/2017 | Hits : 286 | Kategori: Internal
 

Paringin-Bupati Balangan H. Ansharuddin, menyerahkan Reward atau penghargaan Kepada Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan, akan keseriusannya melaksanakan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2014.

Ke-3 SOPD tersebut adalah Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan Dinas Lingkungan Hidup. Penyerahan Reward berupa piagam, Piala dan souvenir diserahkan langsung oleh Bupati Balangan dalam apel gabungan yang dirangkaiakan dengan peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia Tahun 2017, di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan, pagi tadi, senin (12/6/2017).

Dalam amanat apel pagi tersebut disampaikan oleh Bupati bahwa, Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada SOPD yang tertinggi, dalam hal pemberlakuan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2014 tentang kawasan Tanpa Rokok atau KTR.

Ditambahkannya, Pemberlakuan Kawasan Tanpa Rokok ini merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 tentang kesehatan bahwa, setiap Pemerintah Daerah wajib menetapkan kawasan tanpa rokok di wilayahnya. hal ini semakin mempertegas komitmen pemerintah, untuk melaksanakan pengendalian masalah kesehatan akibat tembakau dengan melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok.

"Oleh karena itu, tidak ada keraguan bagi pemerintah Kabupaten Balangan untuk menerapkan peraturan perundang-undangan pengendalian masalah kesehatan akibat asap rokok atau produk tembakau lainnya," ujarnya.

Dalam amanat tersebut, Bupati juga mengingatkan semua peserta Apel pagi, akan Peraturan Daerah Kabupaten Balangan nomor 15 tahun 2014 pasal 5 bahwa fasilitas pelayanan kesehatan; tempat proses belajar mengajar; tempat anak bermain; tempat ibadah; angkutan umum; fasilitas olahraga; tempat kerja; dan tempat lainnya, dinyatakan sebagai Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

"Pemerintah Kabupaten Balangan, akan terus berusaha mewujudkan kesadaran bahaya asap rokok, menerapkan dengan terukur, strategis kebijakan Kawasan Tanpa Rokok, melindungi hak hidup bukan perokok untuk mengisap udara yang bebas dari asap rokok orang lain," pungkasnya.

Terkait dengan pemberian piagam penghargaan dan Piala kepada SOPD dalam hal pemberlakuan kawasan tanpa rokok tahun 2017, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan melalui sekretaris Dinas H. Rahmi mengungkapkan bahwa, penentuan yang berhak menerima penghargaan tersebut didasarkan kepada penilaian yang dilaksanakan oleh Koalisi Profesi Kesehatan Anti Rokok (KPK-AR) Kabupaten Balangan, sejak bulan april sampai dengan mei 2017 kemaren.

"Penilaian dilaksanakan dengan mengunjungi secara langsung semua SOPD yang ada di Kabupaten Balangan," ungkapnya.

Ditambahkannya, bahwa penilaian tersebut secara terinci meliputi penilaian tentang adanya tempat tanda memasuki Kawasan tanpa rokok; tanda dilarang merokok di pintu utama; tanda dilarang merokk dalam gedung; ertulis sanksi bagi pelanggar pada tanda tersebut; adanya tempat khusus merokok; ada terlihat atau tidak orang merokok di dalam gedung; terlihat puntung rokok/abu rokok/asbak dalam gedung; tercium bau rokok dalam gedung; item atau barang apapun yang berhubungan dengan rokok; kegiatan menjual rokok di area dalam dan luar gedung; sistem pengawasan internal yang diterapkan di area SOPD; informasi tentang Perda KTR; tahu tentang Perda KTR; tahu bahwa Perda harus diterapkan oleh pengelola gedung; dan tahu bahwa pengelola gedung akan terkena sanksi bila tidak menerapkan perda KTR. [Rie]


 

Posting Terkait Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali