^ Ke Atas
 
 
Anda berada di: Depan > Bupati Balangan Resmikan Geram Bbr Di Bumi Sanggam
BUPATI BALANGAN RESMIKAN GERAM BBR DI BUMI SANGGAM
Diposting pada: Senin, 12/06/2017 | Hits : 249 | Kategori: Internal
 

Paringin- Geram BBR atau Gerakan Sanggam Bebas Dari Bahaya Rokok, secara resmi diluncurkan oleh Bupati Balangan dalam apel senin pagi, sekaligus peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia Tahun 2017 di Halaman Setda Kabupaten Balangan pagi tadi, Senin (12/06/2017).

Dalam amanatnya disampaikan bahwa, Gerakan Sanggam Bebas Dari Bahaya Rokok (GERAM BBR) merupakan salah satu program inovasi pembangunan di Kabupaten Balangan yang terkoordinasi, terintegratif, terprogram dan terencana dalam rangka melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok dengan membangkitkan kemauan dan semangat dari, oleh dan untuk masyarakat menuju masyarakat yang maju dan sejahtera di Kabupaten yang bergelar Bumi Sanggam tersebut.

Ditambahkannya, meskipun telah ada diterbitkan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), namun dalam pelaksanaan program-program pemberdayaan dan pelayanan untuk melindungi masyarakat dari bahaya rokok masih belum terkoordinasi dan terintegrasi dengan baik.

"Dengan tekad bersama, saya percaya sepenuhnya, semua pihak sesuai peran dan fungsinya mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan mengendalikan masalah kesehatan akibat asap rokok," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Balangan selain melaksanakan penandatangan piagam Pencanangan Gerakan Sanggam Bebas dari Bahaya Rokok, juga menyerahkan Piala dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba penerapan SOPD Kawasan Tanpa Rokok Tahun 2017, yang dimenangkan oleh Inspektorat sebagai juara pertama, selanjutnya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Balangan , dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan melalui Sekretaris Dinas Kesehatan, H.Rahmi, S.H.I, yang ditemui ditempat yang sama mengungkapkan bahwa, ini merupakan sebuah kewajiban bagi pemerintah daerah untuk melaksanakannya, hal ini tertuang dalam Undang-undang Nomor 36 tentang kesehatan pasal 115 pasal 2 yang menjelaskan bahwa setiap Pemerintah Daerah wajib menetapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di wilayahnya.

"Dan Kabupaten Balangan, Sejak Tahun 2014 telah mempunyai Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Dan sesuai pesan Bupati, Kegiatan hari ini merupakan momentum strategis dalam memberikan nilai manfaat dalam upaya mewujudkan Kabupaten Balangan yang sehat, bersih, serta nyaman tanpa asap rokok," pungkasnya [Rie]


 

Posting Terkait Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali