^ Ke Atas
 
 
Anda berada di: Depan > Tlm Balangan Mampu Deteksi Berbagai Penyakit
TLM BALANGAN MAMPU BANTU DETEKSI BERBAGAI PENYAKIT
Diposting pada: Juma't, 21/04/2017 | Hits : 312 | Kategori: Internal
 

Paringin-Sambut Hari Jadi ke-31 Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik (Patelki), Analis Kesehatan Kabupaten Balangan kenalkan TLM yang mampu mendeteksi berbagai penyakit.

Analis Balangan 2017 PatelkiKegiatan dengan tajuk Pekan Tenaga Laboratorium Medis (TLM) Deteksi Dini Penyakit Kencing Manis/ Diabetes Melitus ini sendiri dilaksanakan di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan pagi tadi, Jum'at (21/4/2017).

Ketua Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik (Patelki) Kabupaten Balangan Akhmad Rahimi, yang ditemui saat kegiatan mengungkapkan, kegiatan Pekan TLM ini selain dilaksanakan untuk menyambut hari jadi Patelki yang jatuh setiap tanggal 26 April, juga sebagai sarana berbagi dalam hal pencegahan penyakit, serta bertujuan untuk lebih mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai profesi tenaga laboratorium.

Ditambahkannya, Teknologi Laboratorium Medis (TLM) atau Analis Kesehatan adalah profesi yang bekerja pada sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.

"Untuk lebih mensosialisasikan profesi ini kepada masyarakat maka Pekan TLM ini diadakan serempak di seluruh Dewan Perwakilan Cabang Patelki yang ada di berbagai daerah di Indonesia," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, kegiatan Pekan TLM ini mulai dilaksanakan sejak tahun 2015 setiap bulan april, sedangkan di Kabupaten Balangan baru bisa dilaksanakan pada tahun ini.

"Untuk itu, maka kami memulainya dengan jenis pelayanan pemeriksaan seperti ini untuk mendeteksi penakit kencing manis dengan sasaran para Aparatur Sipil di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan,semoga ditahun-tahun selanjutnya bisa lebih baik lagi" pungkasnya.

Sementara itu Wakil Ketua Patelki Kabupaten Balangan Mahlita, ikut menambahkan bahwa selama ini profesi ahli teknologi laboratorium medik kurang dikenal di masyarakat, masyarakat lebih mengetahui profesi medis lainnya seperti dokter, perawat, apoteker, bidan dan lain-lain. Padahal untuk negeri sebesar Indonesia ini, ahli teknologi laboratorium medik (ATLM) sangatlah besar dibutuhkan.

"untuk itu, pada hari jadi ini kami melaksanakan kegiatan ini, semoga ini akan memberikan kebaikan bagi kita semua," ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan setelah senam pagi jum'at tersebut, nampak antusias diikuti oleh seluruh ASN yang berkumpul di halaman Sekretariat daerah tersebut, dan tidak sedikit orang yang mengucapkan selamat hari jadi kepada anggota patelki yang menjadi pelaksana dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, H. A. Nasa'I yang turut hadir di tempat tersebut, secara khusus juga mengucapkan selamat hari jadi kepada semua anggota patelki, dan membenarkan bahwa memang dengan menggunakan pemeriksaan laboratorium segala macam penyakit dapat dideteksi secara dini.

"Selamat hari Jadi Patelki yang ke-31, Jayalah Patelki Indonesia, jayalah Patelki Balangan," ujarnya. [Rie]


 

Posting Terkait Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali