^ Ke Atas
 
 
Anda berada di: Depan > Purnatugas Kabid Promkes Dinkes Balangan
PURNATUGAS KABID PROMKES DINKES BALANGAN
Diposting pada: Senin, 06/06/2016 | Hits : 810 | Kategori: Kesehatan
 

Seorang kawan,Bapak, dan juga Guru, demikian jadinya ia akan dikenang,menyisakan kenangan memang, karena terhitung 31 Mei 2016, masa kerjanya berakhir sudah, sebuah impian dari sebagian PNS aktif, pada saatnya menikmati masa-masa pensiun.


Tertulis pada semua dokumen kepegawaian dengan nama Syahruni B. Amberan, namun lebih dikenal dengan nama singkat, Haji Syahruni, AM.Kep., Kabid Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.

Kelahiran Mantimin,sebuah Desa yang pada saat itu masih menjadi bagian dari Kabupaten Hulu sungai Utara, tanggal 14 Mei 1958.

Dan sepertinya memang sudah digariskan bahwa di Kabupaten tersebut, pendidikan yang menjadi dasar kariernya sebagai seorang PNS bermula.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan yang masih sedikit, RSUD Amuntai saat itu mendirikan Sekolah Penjenang Kesehatan Umum, Ia adalah salah satu dari sekian banyak orang yang menentukan dunia kesehatan sebagai sebuah pilihan, pendidikan ini diselesaikannya pada tahun 1977.

Terhitung mulai tanggal 1 Mei 1981, diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dengan pangkat Juru Muda Tk. I/Pekarya Kesehatan, golongan Ib, di Puskesmas Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Selanjutnya, ditahun 1983 melanjutkan pendidikan ke Sekolah Perawat Kesehatan Depkes RI Banjarmasin, sebuah Sekolah Pendidikan yang mencetak Tenaga Keperawatan Setingkat SLTA, yang diselesaikannya pada tahun 1986, dengan ijazah tersebut, tahun 1987 dinaikkan pangkatnya menjadi Perawat Pratama Madya Pengatur Muda, golongan IIa.

Sekian lama bekerja didaerah perairan di Puskesmas Danau Panggang,terbersit keinginannya untuk pulang ke kampung halaman di Kecamatan Batu Mandi.

Usul pindah tempat kerja terjawab sudah, namun sepertinya hal tersebut tidaklah sesuai dengan harapan, karena sebelum penempatan sesuai dengan keinginan di Puskesmas Batu Mandi,ia harus ditempatkan di Puskesmas Halong, kecamatan halong, sebuah kecamatan yang saat itu masuk dalam kriteria sangat terpencil.

Sungguh unik namun juga menarik, karena dari lokasi pekerjaan yang sebelumnya adalah daerah perairan, ia ditempatkan ke daerah pegunungan, namun menurutnya hal ini tidak salah juga apabila kita melihatnya sekarang ini, karena sebagai orang yang masih bisa dikatakan sebagai orang muda, ini sangat diperlukan sebagai sebuah pengalaman hidup.

Di era otonomi daerah, salah satu produknya adalah Undang-undang Nomor 2 Tahun 2003 tanggal 2 Februari 2003 tentang pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Balangan di Provinsi Kalimantan Selatan, dengan adanya Undang-undang tersebut, Menteri Dalam Negeri saat itu, Hari Sabarno meresmikan Kabupaten Balangan pada tanggal 8 April 2003 yang kemudian menjadi hari jadi yang dirayakan setiap tahunnya.

"Saat itu saya sudah bekerja sebagai tenaga fungsional Perawat di Puskesmas Batu Mandi, Dinas Kesehatan sebagai sebuah SKPD di Kabupaten baru Balangan, masih sangat kekurangan karyawannya, bisa jadi, saya termasuk bagian dari generasi awal yang bekerja sebagai bagian dari Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, yang menggunakan bangunan lama di Layap paringin", kenangnya.

Dari kejadian ini semua, bisa dikatan merupakan awal baginya menjadi awal status kepegawaiannya sebagai pegawai struktural setelah sekian lamanya menjadi tenaga fungsional perawat.

Selanjutnya, kariernya sebagai pegawai struktural mulai mengalir dengan sendirinya, setidak ada beberapa jabatan yang pernah diembannya, diantaranya Kepala seksi Pengembangan dan Perizinan tahun 2008 pada Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Balangan, Kepala bidang Pelayanan Medik & Mutu tahun 2010 di RSUD Balangan, dan selanjutnya tahun 2012 masih di RSUD Balangan, dipromosikan menjadi Kepala bagian Tata Usaha, terakhir laksana pulang kampung, Ia kembali menjadi Bagian dari Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan tahun 2013 sebagai Kepala Bidang Promosi Kesehatan.

Herry Rusandi, SKM.,Kasi UKS Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan mengatakan bahwa 'Bapak', demikian ia biasa memanggil adalah seorang yang hebat, ia tidak hanya sebagai seorang Nakhkoda Promkes, namun juga guru yang tidak segan-segan memberi pengalaman dan ilmu pengetahuan, seorang 'abah' yang menyanyanyi, melindungi,  dan memotivasi anak-anaknya untuk terus melangkah maju, juga seorang kawan yang tak segan-segan menyingsing lengan baju, berbagi peluh dan keringat dalam mengemban dan memajukan kesehatan pada umumnya, dan Bidang Promosi Kesehatan pada khususnya.

"Bapak adalah orang yang hebat, semua orang pasti akan merasa nyaman apabila bersama dengannya", tuturnya.

dan 31 Mei 2016 kemaren merupakan hari terakhirnya sebagai Kabid Promkes, hari terakhir pula masa bhaktinya, ia Pensiun, semua rekan di Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan melepasnya, meski sederhana acara perpisahan  yang digelar (1/6) di aula atas Dinas Kesehatan terasa khidmat, ia dilepas oleh rekan-rekannya sebagai seorang kawan, Bapak, dan juga guru yang hebat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Humam Arifin, SKM,M.Kes.,tidak hanya menyampaikan ucapan terimasih atas dedikasinya sebagai bagian dari pembangunan kesehatan, namun juga menyatakan bahwa sebuah kehormatan telah pernah bekerja sama selama ini dengannya.

"Bapak Syahruni, adalah pribadi yang hebat, sebuah kehormatan pernah bekerja sama dengan nya,Kalaupun sudah memasuki masa pensiun sebagai PNS, Ia akan selalu ada, karena ia adalah anggota keluarga besar Dinas Kesehatan", pungkasnya.

Pada akhirnya sebagai sebuah keluarga, dengan melihat perjalanan 35 tahun karier seorang "Bapak Syahruni B. Amberan", tidak bisa dipungkiri ......ia adalah orang yang hebat, membangun karier mulai dari bawah, ia mengajarkan tentang hal yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin, mengajarkan tentang kesederhanaan, kesabaran, kepemimpinan, dan segalanya.

Ibarat sebuah album, melihat catatan perjalanan kariernya, benar-benar album yang lengkap, ada cinta, kebahagian, suka cita, nelangsa, pahit getir perjalanan hidup dan sebagainya, semua terangkai indah, komposisinya pas, sehingga apabila kita melihat semuanya sekarang ini, semua memang pantas, sekali lagi semuanya teramat indah malah.

Dengan segala dedikasinya selama ini, sudah sepantasnya apabila kita akan memanggilnya dengan sebutan yang pantas : seorang kawan yang baik, Bapak yang hebat, dan guru yang bijak. [Rie]   



Profil Singkat

Nama                                    :  H. Syahruni B. Amberan, AM.Kep

Tempat/Tgl Lahir                     : Mantimin / 14 Mei 1958

NIP                                       : 140 115 144/19580514 198105 1 001

Pangkat/Gol                            : Pembinan Tk.I/ IVb

Jabatan Terakhir                      : Kabid Promkes Dinas Kesehatan Kab. Balangan

Alamat Rumah                          : Ds. Banua Hanyar, Kec. Batu Mandi, Kab. Balangan

Riwayat Pendidikan        :

  • SD Negeri Melati Batu Mandi, 1971
  • SMPN 1 Barabai, 1974
  • Sekolah Panjenang Kes Umum, RSUD Amuntai, 1977
  • SPK Depkes Banjarmasin, 1986
  • Stikes Muhammadiyah, Prog. DIII Keperawatan, 2005


Riwayat Jabatan               :

  • Pekarya Kesehatan (Pusk. Danau Panggang, 1981)
  • Perawat Pratama Madya (Pusk. Batu Mandi, 1987)
  • Perawat Pratama (Puskesmas Batu Mandi, 1996)
  • Perawat Madya       (Pusk. Batu Mandi, 2002)
  • Perawat Penyelia (Pusk. Batu Mandi, 2004)
  • Kasi Pengembangan dan Perizinan (Dinkes & KB, 2008)
  • Kabid Pel Medik & Mutu (RSUD Balangan, 2010)
  • Kabag Tata Usaha (RSUD Balangan, 2012)
  • Kabid Promkes (Dinkes Balangan, 2013)



—  Pendidikan :

  • SD Negeri Melati Batu Mandi, 1971
  • SMPN 1 Barabai, 1974
  • Sekolah Panjenang Kes Umum, RSUD Amuntai, 1977
  • SPK Depkes Banjarmasin, 1986
  • Stikes Muhammadiyah, Prog. DIII Keperawatan, 2005

 

 

Posting Terkait Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali