^ Ke Atas
 
 
Anda berada di: Depan > Waspada Rabies Disekitar Anda
WASPADA, RABIES DISEKITAR ANDA…..!!!!!!
Diposting pada: Selasa, 18/06/2013 | Hits : 8777 | Kategori: Kesehatan
 

Penyakit rabies adalah penyakit infeksi akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies, penyakit rabies termasuk dalam kategori penyakit zoonotic (penyakit yang ditularkan oleh hewan kepada manusia contohnya anjing, kucing, kera, kelelawar/red). Rabies juga disebut penyakit anjing gila.

Penyakit rabies ditularkan kepada manusia biasanya melalui kontak langsung dengan air liur yang sudah terinfeksi virus rabies, baik malalui gigitan atau goresan. Penyebab utama penularan rabies pada manusia adalah melalui gigitan anjing yang telah terinfeksi virus rabies dan kebanyakan kasus rabies akan berakibat fatal apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.


BAHAYA RABIES TERHADAP MANUSIA

Manusia biasanya tertular virus rabies karena gigitan dari hewan yang terinfeksi virus rabies, tetapi pada kasus tertentu yang jarang manusia juga dapat tertular virus rabies melalui kontak non gigitan (malalui goresan, luka terbuka yang terkontaminasi virus rabies), semua gigitan binatang anjing, kucing, kera, kelelawar mempunyai bahaya potensial untuk menularkan virus rabies.


MASA INKUBASI

Masa inkubasi atau periode waktu mulai terkena virus rabies hingga menimbulkan gejala dapat bervariasi pada setiap orang. Biasanya berkisar 3 – 8 minggu tetapi bisa juga menjadi sependek 9 hari ataupun selama 7 tahun. Lamanya waktu inkubasi tersebut tergantung pada beberapa hal seperti pada tingkat parahnya luka, lokasi gigitan (apabila luka gigitan lebih dekat dengan otak semakin cepat gejalanya) dan kerentanan seseorang terhadap infeksi. Orang yang daya tahan tubuhnya kurang kemungkinan besar lebih rentan untuk mengalami rabies.


GEJALA RABIES PADA MANUSIA

Pada manusia, gejala penyakit rabies biasanya ditandai dengan demam, batuk atau sakit tenggorokan, dan dalam jangka waktu beberapa hari disertai dengan gejala yang lebih berat seperti halusinasi dan kejang.


APA YANG HARUS DILAKUKAN BILA TERPAPAR RABIES

Jika kita digigit oleh binatang yang dicurigai mengandung virus rabies maka sebaiknya cuci bagian tubuh tersebut dengan sabun atau detergen dan air mengalir selama 10 – 15 menit lalu beri antiseptic alcohol 70 % dan betadine. Mencuci bagian yang tergigit segera dengan sabun dan air mengalir dapat mengurangi kemungkinan terkena rabies, hubungi dokter atau pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk memastikan kemungkinan terkena rabies. Vaksin rabies dapat diberikan langsung apabila resiko terkena virus rabies tersebut besar.


PENCEGAHAN RABIES

 

Cara yang paling efektif untuk mencegah terjadinya penyakit rabies pada manusia adalah dengan memvaksinasi hewan peliharaan secara rutin dan menghindari memelihara hewan liar dirumah. Sampai saat ini belum ada obat untuk penyakit rabies ketika gejala penyakit itu sudah muncul oleh karena itu pencegahan sangat penting untuk dilakukan, “kematian manusia akibat penyakit rabies dapat dicegah dengan vaksinasi.(asw/p2pl)

 

Posting Terkait Lainnya:

« Kembali