^ Ke Atas
 
 
Anda berada di: Depan > Pelatihan Guru Uks Kabupaten Balangan 2012
Pengumpulan Data Profil Kesehatan Balangan 2012
Diposting pada: Senin, 21/01/2013 | Hits : 1574 | Kategori: Internal
 

“DINAS KESEHATAN BALANGAN LAKSANAKAN DESK DATA

PROFIL KESEHATAN KABUPATEN 2012”

Paringin, 15 Januari  2013

(SENIN, 15 NOVEMBER 2010

Dalam rangka untuk mencapai masyarakat madani perlu diselenggarakan upaya pembangunan secara berkesinambungan dalam rangkaian program pembangunan yang menyeluruh, terarah dan terpadu. Sebagai hasil pembangunan kesehatan selama ini, derajat kesehatan masyarakat telah meningkat secara bermakna, meskipun belum dinikmati secara merata dan hasil yang dicapai belum seluruhnya memuaskan untuk seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Balangan.

 

Kepala Didang Promkes memberikan paparan pertemuan

 

Pemerintah Indonesia telah menetapkan pendekatan baru dalam Pembangunan Kesehatan dari ”paradigma sakit” ke “paradigma sehat”, di mana upaya pencegahan dan promosi lebih diutamakan tanpa mengabaikan upaya pengobatan dan rehabilitasi. Bertolak dari pendekatan tersebut, maka arah kebijakan dan pembangunan kesehatan yang tersirat dalam visi pembangunan kesehatan Kabupaten Balangan yaitu “ MEWUJUDKAN MASYARAKAT BALANGAN YANG MANDIRI DAN MERATA UNTUK HIDUP SEHAT “.

Dengan visi tersebut masyarakat Balangan diharapkan mampu berperilaku proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah risiko terjadinya penyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit serta berpartisipasi aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat. Selanjutnya pada masa depan diharapkan masyarakat mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu tanpa adanya hambatan, baik yang bersifat ekonomi maupun yang non ekonomi. Pelayanan kesehatan bermutu yang dimaksudkan disini adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan pemakai jasa serta diselenggarakan sesuai standar dan etika pelayanan profesi.

Melalui Sistem Informasi Kesehatan yang merupakan salah satu bagian dari rencana pokok pembangunan berwawasan kesehatan, maka upaya kesehatan perlu dimantapkan dan dikembangkan melalui penerapan teknologi dan informasi yang efektif dan efisien. Namun pemantapan program aplikasi komputer Sistem Informasi Managemen Puskesmas berupa alat bantu lunak yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Puskesmas dalam mengelola data yang dimiliki dan juga untuk mendukung berbagai keputusan, utamanya untuk menunjang penyusunan perencanaan dan evaluasi program-progam kesehatan menuju globalisasi, belum sepenuhnya dimiliki jajaran kesehatan baik di tingkat Puskesmas maupun pada tingkat yang lebih tinggi yang dapat dilakukan secara online.

Meskipun sudah ada mekanisme di media yang memadai serta buku di setiap jenjang administrasi kesehatan, namun masih ditemukan adanya hambatan di dalam penyediaan data informasi yang akurat, tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan program / kegiatan. Salah satu wujud dari Sistem Informasi Kesehatan adalah Profil Kesehatan. Buku Profil Kesehatan Kabupaten Balangan merupakan potret Kabupaten Balangan, tidak saja dalam bidang kesehatan akan tetapi juga bidang lain yang banyak terkait dengan bidang kesehatan seperti demografi atau kependudukan, keadaan dan pertumbuhan ekonomi termasuk pendidikan serta keadaan dan perkembangan lingkungan, baik fisik maupun biologik. Keberadaan data pendukung tersebut sangat membantu untuk menganalisis terhadap situasi/gambaran kesehatan di suatu daerah sehingga data yang diperoleh akan lebih akurat. Profil kesehatan disajikan secara sederhana dan informatif dengan harapan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Pengumpulan Data yang kurang lengkap, adanya keterlambatan serta kualitas data yang kurang valid/kurang adanya pemahaman definisi operasional pengisian profil kesehatan kabupaten, sehingga perlu dilaksanakan  pertemuan Desk Data Profil Kesehatan Tingkat Kabupaten dalam rangka peningkatan kualitas data tingkat kabupaten Balangan. Dasar Pelaksanaan/Pembiayaan kegiatan : Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Kegiatan Pembangunan dan Pemutakhiran Data Dasar Standar Pelayanan Kesehatan, Program Standarisasi Pelayanan Kesehatan. Kegiatan dilaksanakan oleh seksi sistem informasi kesehatan bidang promosi kesehatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk desk pengumpulan dan validasi data program

Tujuan Khusus ; adanya pengumpulan dan validasi data bidang pelayanan kesehatan, adanya pengumpulan dan validasi data bidang pemberantasan penyakit dan penyehatan lingkungan, adanya pengumpulan dan validasi data bidang promosi kesehatan, adanya pengumpulan dan validasi data bidang kesehatan keluarga, adanya pengumpulan dan validasi data bagian sekretariat

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari : tanggal 15 – 16  Januari 2013.  Jumlah peserta sebanyak 70 orang antara lain ; Jumlah Peserta Puskesmas : 33 orang

Pengelola Profil Puskesmas dan kabupaten, Undangan : seluruh Kasi / Pengelola Data Program di Dinkes, terdiri dari Kasi  : Puskesmas, Gizi, Farmasi, kesehatan ibu dan anak, Pelayanan Dasar dan Rujukan, Epidemiologi/Imunisasi /Epimkesma, Pemberantasan Penyakit, umum/kepegawaian, Usila, kesehatan lingkungan.

Undangan : lintas sektor yaitu Pengelola data RSUD Balangan.

Hasil kegiatan yaitu terlaksananya desk data lampiran profil kesehatan kabupaten melalui desk data masing-masing seksi/subbagian serta lintas sektor yaitu data 79 tabel. Penjelasan narasi profil terdiri dari enam bab.Pendahuluan : Bab satu : secara ringkas menjelaskan latar belakang dan sistematika penulisan. Bab dua ; Gambaran Umum : menyajikan tentang gambaran umum Kabupaten Balangan. Di dalamnya berisi uraian tentang keadaan geografis, administratif dan informasi umum lainnya, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan dan faktor-faktor lainnya misal kependudukan, ekonomi, pendidikan, sosial budaya dan lingkungan. Bab tiga yaitu Situasi Derajat Kesehatan : berisi tentang data angka kematian, angka kesakitan, dan angka status gizi masyarakat. Bab empat : Situasi Upaya Kesehatan ; berisi tentang Pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan rujukan dan penunjang, pemberantasan penyakit menular, pembinaan kesehatan lingkungan dan sanitasi dasar, perbaikan gizi masyarakat serta pelayanan kefarmasian. Bab lima yaitu Situasi Sumber Daya Kesehatan, berisi tentang sarana kesehatan, tenaga kesehatan, pembiayaan kesehatan dan sumber daya kesehatan lainnya. Bab enam : Kesimpulan berisi tentang hal-hal penting dan perlu ditelaah lebih lanjut, keberhasilan-keberhasilan yang perlu dicatat, hal-hal yang dianggap masih kurang dalam rangka penyelenggaraan pembangunan kesehatan. Dengan pelaksanaan kegiatan tersebut, diharapkan adanya peningkatan kualitas data kesehatan di kabupaten Balangan, sehingga manajemen data profil kesehatan kabupaten dapat terlaksana dengan baik.

 

Posting Terkait Lainnya:

« Kembali

BERITA TERBARU