^ Ke Atas
 
 
Anda berada di: Depan > Langkah Berhenti Merokok
Langkah Berhenti Merokok
Diposting pada: Rabu, 03/10/2012 | Hits : 1741 | Kategori: Kesehatan
 

Merokok Merugikan Kesehatan dan Kehidupan

 

Kebiasaan merokok amat merugikan kesehatan. Para perokok aktif beresiko terkena kanker paru-paru, emphysema dan serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin. Dampak ini sudah disadari oleh para perokok. Sebagian dari mereka pun ingin berhenti merokok. Masalahnya, tak mudah berhenti merokok. Tak jarang, niat mereka kandas di tengah jalan. Berikut tips, yang bisa dicoba untuk berhenti merokok:

Pilih hari untuk memulai berhenti merokok

Ambil kalender dan pilih waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri berhenti kebiasaan merokok. Ada baiknya pilih hari yang anda anggap tingkat stres tidak terlalu tinggi dibandingkan hari lain, misalnya di akhir pekan. Tandai kalender dan mulailah berkomitmen untuk melakuknanya. Jangan lupa, sebagai langkah awal, singkirkan asbak, korek api dan rokok.

 

Prediksi situasi pemicu keinginan merokok

Cobalah untuk memprediksi situasi pemicu yang akan muncul pada hari pertama saat berhenti merokok yang bisa membuat anda kembali merokok. Solusinya, tulis apa saja yang menjadi pemicu keinginan merokok dan hindari. Ada baiknya, anda melakukan “pengamatan khusus” pada satu minggu sebelum merealisasikan niat untuk berhenti merokok, sehingga bisa mengetahui kapan dan mengapa timbul keinginan merokok.

 

Susun strategi untuk situasi pemicu anda

Selanjutnya, pikirkan dari setiap poin pemicu. Apa tujuan utama anda merokok? Sebagai contoh, katakanlah pemicunya adalah stres di tempat kerja dan rokok membantu untuk menenangkan anda. Untuk itu, anda bisa coba rehat sejenak dari pekerjaan kantor, mengkonsumsi air putih taua mencoba rileks dengan melakukan yoga ringan, atau sekedar ngobrol dengan teman. Intinya, setiap pemicu, tuliskan dua atau tiga strategi. Kemudian berkomitmen untuk menggunakan strategi tersebut saat situasi terjadi.

 

Cari dukungan

Berhenti merokok akan terasa lebih mudah ketika orang yang terdekat turut membantu dalam merealisasikan niat anda. Jenis dukungan yang diberikan bisa dalam bentuk tindakan dengan memastikan tidak ada rokok tergeletak di sekitar rumah atau memberitahu anda bahwa keluarga bangga atas semua usaha anda.

 

Perhatikan hasilnya

Setelah berhasil berhenti merokok pada satu hari pertama, coba anda rasakan perbedaannya.

1. setelah 20 menit, tekanan darah dan denyut nadi kembali normal.

2. Setelah 8 jam, tingkat oksigen dalam darah kembali normal.

3. Setelah 24 jam, paru-paru mulai membersihkan penumpukan tar.

4. Setelah 48 jam, bau dan rasa yang baik mulai meningkat.

5. Setelah 72 jam, bernafas lebih mudah, tabung bronkial lebih rileks dan terjadi peningkatan energi.

6. Dua hingga 12 minggu, berjalan dan berlari jauh lebih mudah. Setelah tiga sampai sembilan bulan, paru-paru memiliki ruang untuk oksigen hingga 10 persen lebih banyak.

7. Pada satu tahun, resiko serangan jantung menurun hingga setengahnya/ bahkan setelah sepuluh tahun, resiko kanker paru-paru juga berkurang hingga 50 persen. Dan dalam 15 tahun, resiko serangan jantung anda sama seperti mereka yang non-perokok. (Dari berbagai sumber).

 

Posting Terkait Lainnya:

« Kembali