^ Ke Atas
 
 
Anda berada di: Depan > Air Putih Dan Bersih Lebih Baik
Air Putih Dan Bersih Lebih Baik
Diposting pada: Senin, 23/07/2012 | Hits : 6081 | Kategori: Kesehatan
 

Air Putih

 

Hari Air Dunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, untuk memberi perhatian atas pentingnya air bersih untuk sumber kehidupan manusia dan menyehatkan masyarakat, serta mengingatkan agar sumber-sumber air bersih dikelola secara berkelanjutan. Peringatan hari internasional tentang air bersih direkomendasikan saat konferensi Badan Lingkungan dan Pembangunan Dunia (UNCEF) pada 1992 dan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan tanggal 22 Maret sebagai Air Dunia.

Menurut hasil survei kesehatan air, Ketersediaan air bersih serta konsumsi air bersih di Kabupaten Balangan tahun 2011 : Keluarga dengan air terlindung/aman yaitu 10.742 keluarga (61,1 %) dari  17.585 keluarga yang diperiksa dari 33.251 keluarga), konsumsi air bersih masyarakat sebanyak 100 %  (seluruh penduduk yang diperiksa di Kabupaten balangan sudah memenuhi syarat air bersih). Berdasarkan sumber air antara lain konsumsi air leding/meteran sebanyak  26 % (4.630 keluarga), SPT sejumlah 623 keluarga (3,5 %), SGL dikonsumsi oleh 5.668 keluarga (32 %), mata air 215 keluarga (1,2 %), PAH dikonsumsi oleh 83 keluarga (0,5 %), sumber lainnya / membeli dari PDAM karena belum terdapat sambungan meteran air dari Perusahaan Dagang Air Minum (PDAM) sebanyak 6.366 (36 %). (sumber : data seksi Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Balangan, 2011)

Persentase konsumsi air bersih belum tentu menentukan kondisi air sehat yang dikonsumsi masyarakat Balangan, karena masyarakat masih banyak  mengkonsumsi air sungai, yang terdapat kontaminasi sampah organik maupun anorganik. Hal tersebut merupakan tanggung jawab bagi kita semua, khususnya insan kesehatan. Penyuluhan arti pentingnya air sehat merupakan solusi yang sangat efektif, selain penyediaan sarana air bersih untuk masyarakat, karena pola pikir serta kesadaran masyarakat harus kita rubah terlebih dahulu. Sehingga tercermin perilaku masyarakat Balangan yang hidup bersih dan sehat.


Persentasi Air dalam Tubuh

Kesadaran kita tentang pentingnya air bersih adalah kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi. Kita membutuhkannya untuk makan, minum, mandi dan mencuci. Bisa dibayangkan, bila air kotoryang kita konsumsi, berbagai penyakit akan berdatangan, hidup menjadi tidak nyaman. Padahal, bagi tubuh, air adalah kebutuhan yang sangat penting.

Dalam tubuh kita, 70 % terdiri dari air, yang berguna untuk :

1. Mengatur suhu tubuh

2. Mengeluarkan sisa metabolisme

3. Menurunkan resiko penyakit jantung

4. Membantu pengobatan gangguan ginjal, kanker rahim dan diabetes

5. Menurunkan berat badan

6. Melancarkan transportasi zat gizi

7. Melumasi sendi dan organ

8. Membuat kulit lebih bercahaya

Oleh karena itu, idealnya 8 gelas perhari, tubuh menjadi sehat dan cantik.

(Sumber : Kementrian Kesehatan, Studi Para Peneliti dari Loma Linda University, California)

Jika tubuh kurang minum, akibatnya antara lain kita jadi pelupa, mudah stress dan emosi, sukar berkonsentrasi, kulit wajah dan tubuh meneriput, penyakit mudah datang, bila dibiarkan berakibat pada kematian. (Journal of the American College of Nutrition, Perhimpunan Peminat Gizi dan Pangan Indonesia).

Tubuh kehilangan 2-3 liter air setiap hari melalui bernapas, berkeringat, bensin, urin dan feses. Jika kita kurang konsumsi air minimal satu gelas setiap hari, tubuh mengalami dehidrasi

(kurangnya kandungan air dalam tubuh). Jenis dehidrasi ada 3, antara lain :

a. Dehidrasi Ringan : Tubuh kehilangan cairan kurang dari 5 % dari total berat tubuh. Gejalanya : haus, mulut  dan bibir kering

b. Dehidrasi Sedang : Tubuh mengalami kekurangan cairan 5 % - 10 % dari total berat tubuh. Ditandai dengan tonus kulit menurun (tidak kenyal) dan berat badan menurun.

c. Dehidrasi berat : Tubuh kehilangan lebih dari 10 % cairan. Dapat dideteksi dari ; mata cekung, kulit pucat, ujung-ujung jari dingin dan berwarna kebiru-biruan, denyut nadi melonjak dan kesadarannya perlahan menurun.

Tips Sehat mencegah tubuh terhindar dari dehidrasi serta penyakit lain dikarenakan perilaku minum yang salah  adalah Life Balance (hidup seimbang) antara lain ;

- Cukup asupan nutrisi dan minuman dalam tubuh

- Sempatkan waktu untuk relaksasi, istirahat / tidur cukup (melepaskan diri dari rutinitas).

- Lebih banyak mengkonsumsi air putih.

- Lebih banyak mengkonsumsi buah dengan banyak kandungan air.

Selain meminum air secara langsung, kita juga bisa mendapat asupan air dari buah-buahan dan sayuran. Beberapa buah mengandung banyak air tetapi mempunyai sedikit kalori, sehingga bagus dikonsumsi bagi Anda yang berdiet. Kandungan air dalam buah atau sayur  antara lain :

a. Ketimun : merupakan buah atau sayur yang mempunyai kandungan air tertinggi yaitu 96 %).

b. Kol : memiliki kandungan air 95 %.

c. Tomat : memiliki kandungan air 94 %.

d. Sawi : memiliki kandungan air 92 %.

e. Semangka : memiliki kandungan air 92 %.

f. Strawberry : memiliki kandungan air 92 %.

g. Anggur : memiliki kandungan air 91 %.

h. Nanas : memiliki kandungan air 91 %.

i. Brokoli putih atau hijau : memiliki kandungan air 91 %.

j. Melon Hijau/oranye/kuning : memiliki kandungan air 91 %.

k. Wortel : memiliki kandungan air 87 %.

l. Jeruk : memiliki kandungan air 87 %.

(sumber : Bowes & Church’s Food Values)

- Hindari konsumsi terlalu banyak jajanan minuman tinggi kadar gula serta pewarna, dapat menjadi pemicu diabetes, obesitas dan penyakit jantung. Seperti soft drink, teh dan kopi.

1/3 Juice Drink di dunia, dikonsumsi anak-anak. Jajan minuman kemasan setiap hari, meningkatkan ancaman obesitas bagi anak, hingga 60 %. Jajanan minuman kemasan setiKadar gula Jajanan minuman setiap kemasan 200 mililiter ;

- Kopi : kadar gulanya 25 gr.

- Juice kemasan : kadar gulanya 27 gr

- Soft drink : kadar gulanya 26 gr

(sumber : http: www. Sugaryfacts.org)

Setelah membaca ulasan di atas, “Ayo....,konsumsi air yang cukup untuk tubuh kita. Ingat, Air putih itu lebih baik.....!”

 

Posting Terkait Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali