^ Ke Atas
 
 
POJOK KONSULTASI

 

Agenda
Jajak Pendapat

Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?

Bagus
Cukup
Kurang

Tampilkan Hasil Suara

Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?

Bagus (59.7 %)

Cukup (19.8 %)

Kurang (20.5 %)

(516 Suara)

Anda berada di: Depan > Post
Standarisasi Pelayanan Kesehatan
Diposting pada: 2012-04-23 22:38:49 | Hits : 2217 | Kategori: Internal
 

Foto Bersama Tim Pembina dan Tim Pelaksana Manajemen ISO Puskesmas Paringin

 

 

Kesehatan merupakan salah satu hak asasi manusia sebagaimana telah dicantumkan dalam UUD 1945, dan telah disebutkan dengan jelas dalam UU No. 23 Tahun 1992 sebagaimana diperbarui dengan UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal  dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.


Era reformasi telah memberikan kebebasab kepada Pemerintah daerah untuk menyelenggarakan pemerintahan melalui otonomi daerah yang diatrur dalam UU Nomor 32 tahun 2004. Selain itu era reformasi juga membuat masyarakat yang mendapat pelayanan instansi poemerintah menjadi lebih kritis. Salah satu sasaran yang banyak disuarakan masyarakat kepada pemerintah adalah berkaitan dengan kondisi/kualitas pelayanan public, khususnya yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui instansi pelaksanakanya baik pada pemerintah pusat maupun daerah.


Upaya-upaya untuk memperbaiki kualitas pelayanan sebenarnya telah dilakukan pemerintah melalui berbagai kebijakan seperti Instruksi Presiden Reepublik Indonesa  No 1 tahun 1995 tentang Perbaikan dan Peningkatan Mutu Pelayanan Aparatur Kepada Masyarakat dan Surat Edaran Menko Waspangpan No 56/Wasbangpan/6/98 tentang langkah-langkah Nyata Memperbaiki Pelayanan Masyarakat. Segala upaya yang ada belum menjadi maksimal karena masih melekatnya citra buruk dalam organisasai pelayanan publik di Indonesia saat ini, hal ini antara lain disebabkan belum semua instansi pemerintah penyelenggara pelayanan publik memiliki standar pelayanan yang dapat dijadikan acuan baik oleh pengelola pelayanan maupun masyarakat penggunanya.


Di Kalimantan Selatan  pelayanan publik khususnya di bidang kesehatan belum begitu banyak yang mempunyai Standar International Sistem manjemen Mutu ISO 9001:2008, oleh karena itulah pada tahun 2010 oleh Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan diharapkan pada tahun 2011 seluruh Kabupaten di Kalimantan Selatan minimal mempunyai satu puskesmas yang mempunyai standar ISO tersebut.


Pada tahun 2011 Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan merespon positif anjuran Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan, yakni dengan menunjuk Puskesmas Paringin Kecamatan Paringin sebagai pelopor penerapan manajemen ISO khususnya di bidang kesehatan, dan merupakan pelayanan publik satu-satunya di Kabupten Balangan.


Dalam penerapan manajemen ISO puskesmas Paringin dibantu oleh Konsoltan Manajemen Mutu PT KOKEK Surabaya yang  banyak memberikan masukan serta cara-cara pelayanan yang baik, bermutu, dan sesuai standar. Pendampingan oleh tenaga konsoltan manajemen mutu ISO berjalan lebih kurang selama lima bulan yakni dari Juni 2011 sampai dengan Oktober 2011, kemuadian pada bulan Nopember 2011 Puskesmas Paringin mendapat kunjungan tim auditor Internasional yakni United Regitrar Of System ( USR ) suatu badan audit internasional yang berpusat di London Inggres untuk melakukan penilaian terhadap kegiatan puskesmas yang sudah dijalankan.

Beberapa pelayanan yang dapat diterapkan di Puskesmas Paringin dengan standar pelayanan mutu ISO  antara lain, yaitu :

Loket Kartu

Poliklinik Umum

Polikinik Gizi

Poliklinik Kesehatan Ibu & Anak

Poliklinik Keluarga Berencana

Pencegahan Penyakit

Laboraturium

Pelayanan Imunissi

Kamar Obat

Tata Usaha


Adapun kegiatan yang menjadi sesuatu yang khas atau sangat bermanfaat bagi pengunjung puskesmas yakni dari segi waktu pelkayanan yang cepat, tepat dan bermutu.


Pengelola program ini terdiri atas 2 bagian, yaitu Tim  Koordinasi Manjemen ISO yang melibatkan Lintas Program dan Lintas Sektor Dinas Kesehatan, serta Tim Pelaksana yang terdiri seluruh staf Puskesmas Paringin Kabupaten Balangan.


Dampak dari progam ini dalam jangka waktu pendek adalah:

 

1. Adanya peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat khusunya di wilayah kerja  Puskesmas paringin.

2. Masyarakat akan merasakan kepuasan dalam pelayanan kesehatan.

3. Memberikan rasa nyaman kepada warga masyarakat dengan pelayanan kesehatan yang  diberikan.

4. Meningkatnya mutu pelayanan kepada masyarakat dalam pembangunan di daerah khususnya  di bidang kesehatan.


Adapun dalam jangka waktu panjangnya antara lain :

 

1. Sebagai pelopor pelayanan public yang berstandar ISO di Kabupaten Balangan.

2. Sebagai rujukan pelayanan publik khususnya bidang kesehatan bagi puskesmas lainnya di Kabupaten Balangan.

 

 

 

 

 

 

Posting Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali

 

 
Powered By: GaluhWeb CMS | RSS | XML