^ Ke Atas
 
 
Anda berada di: Depan > Konsultasi
Terkena Gigitan Rabies (Hewan Anjing)
Pengirim: dani |Diposting pada: 2013-05-22 21:06:10
 

Isi Konsultasi

Dr...bagamana ketika seseorang terkena gigitan anjing...kemudian orang tersebut menjadi sakit,,,seberapa besar bahaya tentang penyakit tersebut...? apakah ada obatnya...

Jawaban

Yang dikhawatirkan dari gigitan anjing ini adalah penyakit Rabies, karena penyakit ini dalam waktu 3 s.d 5 hari dapat menyebabkan kematian sejak timbulnya gejala, sehingga pemeriksaan serologis kadang-kadang belum sempat dilakukan. Setelah virus rabies masuk melalui lika gigitan selama 2 minggu virus masih dapat ditemukan di daerah sekitar luka gigitan dan sebagian besar sudah mencapai ujung-ujung serabut saraf posterior (saraf utama/red) tanpa menunjukkan perubahan-perubahan fungsinya. Masa inkubasi bervariasi berkisan antara 2 minggu sampai 2 tahun. Tetapi pada umumnya 3 - 8 minggu berhubung dengan jarak yg harus ditempuh oleh virus sebelum mencapai otak.

Setiap kasus gigitan hewan apalagi anjing dengan suspect rabies harus ditangani dengan cepat dan segera mungkin. Untuk mengurangi / mematikan virus gigitan (terutama rabies) yang masuk pada luka gigitan, usaha yang paling efektif ialah mencuci luka gigitan dengan air mengalir dan sabun/detergen selama 10-15 menit. Beri antiseptik (alkohol 70%, betadine, dll). Kemudian bawa secepatnya ke pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapat Vaksin Anti Rabies (VAR) / Serum Anti Rabies (SAR) secara suntikan ke otot (Intro Muskuler=IM,red).

 

 

Posting Lainnya:

« Kembali