^ Ke Atas
 
 
Anda berada di: Depan > Konsultasi
Konsultasi Kesehatan

Nama*

Email *

Judul Konsultasi *

Isi Konsultasi *

Kode Akses

mxpj

Tulis Kode Akses Diatas*

* Wajib diisi !
(total Konsultasi : 7)

Pengirim: DR. IDA | Judul: PTT Daerah

Isi Konsultasi: Mohon info, apakah kab. Balangan membuka lowongan untuk posisi dokter PTT daerah tahun 2014. Atas infonya saya ucapkan terima kasih.

Tanggal : 2014-04-11 Jam : 18:29:48

Balasan :

Untuk tahun 2014, belum ada penerimaan dokter PTT daerah. Kalau ada nanti akan ada pemberitahuan melalui website ini. Terima Kasih

Pengirim: ROBBY T MALAKIAN | Judul: Keluhan Pengguna Jamkesda

Isi Konsultasi: Tdk bs kah kami para pemilik JAMKESDA dsejajarkan dgn perawatan umum dlm mendapat tindakan medis? Jika seperti apa guna pemerintah mengeluarkan JAMKESDA? Seperti pengemis yg sdg meminta sesuap nasi sambil meringis krn menahan sakit perut akibat kelaparan

Tanggal : 2013-10-10 Jam : 23:33:09

Balasan :

pembaca yang terhormat, terima kasih atas tanggapan pembaca sampaikan. perlu kita ketahui pelaksanaan Jamkesda Kab. Balangan yang diatur melalui Peraturan Daerah Nomor 26 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Daerah Kab. Balangan dan Peraturan Bupati Nomor 16 Tahun 2014 menjamin semua penduduk kab. Balangan (universal coverage), karena tidak semua kabupaten/kota yang menjamin semua penduduknya. Dari segi pelayanan memang semua Jamkesda yang dilaksanakan oleh tiap-tiap daerah, paket pelayanan ada yang ditanggung, ada yang dibatasi dan ada yang tidak ditanggung. hal ini mengingat alokasi dana Jamkesda yang tujuannya tidak lain adalah pemerataan bagi seluruh peserta Jamkesda. Untuk kelas perawatan, khusus rawat inap memang jika penjaminan baik itu oleh Jamkesmas maupun Jamkesda adalah di kelas 3, namun untuk segi pelayanan pasien harus tetap diperhatikan sesuai indikasi medisnya. jika ada pelayanan yang kurang memuaskan dari pihak Rumah Sakit, silahkan sampaikan keluhan saudara ke website ini agar dapat dikoordinasikan dengan pihak terkait agar kualitas pelayanan kesehatan khususnya di Kab. Balangan dapat lebih ditingkatkan. Sekian, terima kasih.

Pengirim: FAIZIN | Judul: Jampersal

Isi Konsultasi: dr. apa bisa istri saya menggunakan jampersal tetapi istri saya belum memiliki ktp daerah saya/ masih daearah lain. apa bisa.

Tanggal : 2013-08-22 Jam : 15:34:45

Balasan :

Bapak Faizin yang terhormat. Jampersal bisa digunakan oleh seluruh warga Indonesia diseluruh wilayah Indonesia, dengan pengertian walaupun istri anda memiliki KTP dari Kabupaten lain masih bisa memakai Jaminan Persalinan di Kabupaten Balangan, selama syarat-syarat nya terpenuhi. Anda cukup menyertakan KTP asli, Kartu Keluarga dan Pas Foto yang bersangkutan. Silahkan anda buka berita tentang Jampersal di halaman web ini atau silahkan datangi sarana kesehatan terdekat di tempat anda tinggal. Semoga membantu dan terima kasih atas perhatiannya.

Pengirim: DANI | Judul: Terkena Gigitan Rabies (Hewan Anjing)

Isi Konsultasi: Dr...bagamana ketika seseorang terkena gigitan anjing...kemudian orang tersebut menjadi sakit,,,seberapa besar bahaya tentang penyakit tersebut...? apakah ada obatnya...

Tanggal : 2013-05-22 Jam : 21:06:10

Balasan :

Yang dikhawatirkan dari gigitan anjing ini adalah penyakit Rabies, karena penyakit ini dalam waktu 3 s.d 5 hari dapat menyebabkan kematian sejak timbulnya gejala, sehingga pemeriksaan serologis kadang-kadang belum sempat dilakukan. Setelah virus rabies masuk melalui lika gigitan selama 2 minggu virus masih dapat ditemukan di daerah sekitar luka gigitan dan sebagian besar sudah mencapai ujung-ujung serabut saraf posterior (saraf utama/red) tanpa menunjukkan perubahan-perubahan fungsinya. Masa inkubasi bervariasi berkisan antara 2 minggu sampai 2 tahun. Tetapi pada umumnya 3 - 8 minggu berhubung dengan jarak yg harus ditempuh oleh virus sebelum mencapai otak. Setiap kasus gigitan hewan apalagi anjing dengan suspect rabies harus ditangani dengan cepat dan segera mungkin. Untuk mengurangi / mematikan virus gigitan (terutama rabies) yang masuk pada luka gigitan, usaha yang paling efektif ialah mencuci luka gigitan dengan air mengalir dan sabun/detergen selama 10-15 menit. Beri antiseptik (alkohol 70%, betadine, dll). Kemudian bawa secepatnya ke pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapat Vaksin Anti Rabies (VAR) / Serum Anti Rabies (SAR) secara suntikan ke otot (Intro Muskuler=IM,red).  

Pengirim: HENDRA SUMITRA | Judul: Jampersal

Isi Konsultasi: Ω̶ƿɑ syarat mengurus jampersal n

Tanggal : 2012-11-25 Jam : 09:11:31

Balasan :

Selamat Siang,   Terima kasih atas pertanyaannya. Untuk Syarat-Syarat Jaminan Persalinan (Jampersal) sangat mudah. Hanya perlu KTP asli, Kartu Keluarga dan Pas Foto. Untuk keterangan lebih jelas anda bisa membaca Berita Jampersal disini . Atau datangi Pos Kesehatan terdekat di tempat anda. Terima Kasih.

Pengirim: DR. INDRA (082346843344) | Judul: PTT Daerah

Isi Konsultasi: Mohon infonya, apakah Kabupaten Balangan masih membuka lowongan untuk posisi Dokter PTT Daerah? Untuk infonya, saya sampaikan terimakasih.

Tanggal : 2012-10-08 Jam : 23:23:07

Balasan :

Kepada dr. Indra, terima kasih atas pertanyaannya. Untuk sementara Kabupaten Balangan pada tahun 2012 tidak ada formasi penerimaan dokter PTT. Kami hanya menerima alokasi dokter PTT dari pusat. Kalau anda berminat, kami bisa memberikan rekomendasi penempatan tenaga PTT Provinsi maupun Pusat untuk Kabupaten Balangan. Silahkan anda datang ke Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih

Pengirim: HAKIM | Judul: Manfaat Donor Darah

Isi Konsultasi: Assalamu alaikum, wr. wb. Selamat pagi pak, saya mo nanya... Apa seh manfaat dari donor darah itu, karena sampai sekarang saya masih takut untuk mendonorkan darah saya. Atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih, Wassalam

Tanggal : 2011-12-05 Jam : 08:44:51

Balasan :

Simbiosis mutualisme. Itulah yang akan kita rasakan jika kita melakukan donor darah, sebab setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya. Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada lima manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan. 1. Menjaga kesehatan jantung Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung. 2. Meningkatkan produksi sel darah merah Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru. 3. Membantu penurunan berat tubuh Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping. 4. Mendapatkan kesehatan psikologis Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar. 5. Mendeteksi penyakit serius Setiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Bagi yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. Sedangkan untuk kita, ini adalah “rambu peringatan” yang baik agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan kita sendiri. Setelah menginjak usia 18 tahun, cobalah untuk membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali. Tidak hanya akan memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesama, namun bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh kita sendiri. Dan usia maksimal untuk melakukan kebiasaan baik ini adalah hingga berusia 60 tahun. Jadi jangan tunggu lama lagi, ayo… saatnya donor darah!

« Kembali